Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Sehat Sebagai Gaya Hidup Masa Kini

Siapa yang tidak menelan ludah saat dihadapkan dengan makanan lezat? Tapi apakah Anda termasuk orang yang ragu untuk mengambilnya karena memikirkan tentang lemak yang tinggi dan dapat menyebabkan berbagai penyakit? Berikut adalah beberapa tips memasak dengan cara yang sehat seperti yang dilansir oleh boldsky,com

 

  • Rasa asin. Kurangi setengah jumlah garam pada resep favorit Anda. Jangan khawatir ini tidak akan mengurangi rasa jika Anda menggantinya dengan herbal, rempah-rempah, jus atau kulit jeruk dan cuka rasa. Untuk daging, sup dan saus, Anda dapat menambahkan bawang putih atau bawang merah bubuk.
  • Mengukur kandungan sodium. Biasanya makanan yang diawetkan memiliki kandungan natrium yang tinggi. Oleh karena itu pilih makanan yang bersodium rendah. Bandingkan di tabel nutrisi kandungan sodium mana yang lebih rendah.
  • Mengontrol tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Dengan menggunakan herbal, tomat, cuka, bawang atau saus rendah lemak atau salad dressing.
  • Bebas lemak. Usahakan memasak dan memilih bahan makanan yang bebas lemak.
  • Pertahankan nutrisi. Untuk mempertahankan kandungan nutrisi pada sayur, masak dengan cepat dengan dikukus atau tumis, bukan di rebus. Hindari memasak pada suhu tinggi karena itu bisa menghancurkan atau melarutkan nutrisi yang berharga.
  • Metode memasak yang tepat. Memilih metode memasak yang tepat mampu menghindari penyakit mematikan seperti kanker. Metode memasak yang terbaik adalah dengan microwave dengan waktu memasak yang singkat sehingga tidak mengurangi bahkan menghilangkan nutrisinya.
  • Meningkatkan serat. Gunakan biji-bijian bukan produk olahan. Anda dapat menambahkan parutan buah atau sayur dalam saus Anda atau dipanggang. Coba tambahkan sayuran berbeda untuk semua resep Anda.
  • Minyak. Untuk menghindari bencana kesehatan, gunakan minyak seperti minyak zaitun atau canola. Dan dalam proses memasak gunakan minyak seminimal mungkin.

 

Nah Ladies itulah tips memasak sehat yang bisa Anda terapkan di dapur Anda! Selamat mencoba!

(vem/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading