Sukses

Lifestyle

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Beli Minyak Zaitun

Ladies, tentu Anda sudah sering tahu penggunaan minyak zaitun untuk memasak. Atau Anda juga menggunakan minyak zaitun dalam mengolah sajian istimewa untuk keluarga? Namun, apakah Anda sudah tahu bahwa ada hal-hal khusus yang harus Anda perhatikan sebelum membeli minyak zaitun? Apa saja ya? Simak ulasan lengkapnya, seperti yang telah dilansir oleh Goodhousekeeping.com berikut ini.

    Perhatikan "Tanggal Panen" Atau "Tanggal Petik" Pada Kemasan

    Tanggal panen menunjukkan kapan buah zaitun itu dipetik. Minyak zaitun paling baik digunakan dalam waktu 18 hingga 24 bulan setelah buahnya dipetik. Jika melebihi batas waktu itu, minyak zaitun memang masih bisa digunakan, tapi lebih baik digunakan untuk memasak, bukan untuk dressing pada salad. Kebanyakan minyak zaitun dilengkapi informasi "baik digunakan sebelum ...", namun hal itu tidak menunjukkan pada Anda berapa lama buah zaitun didiamkan setelah dipanen. Dan lagi, beda perusahaan, beda pula penilaian tentang batas waktu yang tepat pemakaian minyak zaitun.

    Minyak Zaitun Mahal Bukan Jaminan

    Minyak zaitun dengan kualitas bagus seringkali didatangkan dari California, Spanyol, Italia, Yunani, Australia, dan Amerika Selatan. Tanah dan faktor lingkungan lainnya tentu mempengaruhi pertumbuhan buah zaitun. Tapi kualitas rasanya, ditentukan oleh baik buruknya perlakuan yang diberikan oleh petani dalam masa pertumbuhan, masa panen dan proses pemerasan minyak. Jadi secara sederhana, semahal apapun uang yang Anda bayarkan untuk sebotol minyak zaitun, tidak dapat membawanya kembali ke tangan si petani.

    Perhatikan Label Sertifikasi

    Jika Anda sudah terlanjur fanatik dengan minyak zaitun dari suatu negara, setidaknya Anda juga harus tetap memperhatikan label sertifikasinya. Pastikan bahwa buah zaitun ditanam dan diperas minyaknya di lokasi yang sama. Hal ini dapat mengurangi risiko kerusakan pada minyak zaitun, atau pemalsuan tempat asal buah zaitun tersebut.

Hal paling penting yang harus Anda perhatikan adalah, Anda membeli "sari" dari buah zaitun, yang tidak mungkin selalu segar dan layak digunakan. Semakin lama, kualitas minyak zaitun akan menurun. Maka Anda juga perlu memperhatikan ukuran kemasan yang Anda beli.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading