Sukses

Lifestyle

Cara Praktis Membersihkan Oven Dengan Baking Soda

Oven merupakan salah satu alat masak yang penggunaannya tidak terlalu sering namun bisa mudah kotor dan bau. Mengingat ramadan semakin dekat dan lebaran juga begitu, setidaknya saat ini para wanita tengah mempersiapkan segala hal untuk menyambut ramadan termasuk mempersiapkan alat masak dan alat membuat kue di rumah.

Jika Anda menemukan oven Anda kotor, pastikan untuk segera membersihkannya dan menghapus kotoran tersebut dari oven. Menghilangkan kotoran dari oven sebenarnya bukan perkara yang sulit. Tapi, jika Anda salah menerapkan cara yang salah, maka oven akan mudah rusak. Dilansir dari laman wikihow.com, ada satu cara praktis untuk membersihkan oven dari kotoran. Lebih tepatnya, membersihkan ini bisa dengan memanfaatkan baking soda. Dan berikut langkah-langkah membersihkan oven dengan baking soda.

  1. Pertama, siapkan oven yang akan dibersihkan, air hangat, sabun pencuci piring dan baking soda.
  2. Lepaskan rak oven dan rendam dalam air hangat yang sudah diberi sabun pencuci piring. Tunggu beberapa saat hingga kotoran di rak oven larut dan mudah untuk dicuci. 
  3. Jika sudah, cuci rak oven dan sikat kotoran yang ada sampai benar-benar bersih lalu keringkan. 
  4. Untuk bagian dalam oven, masukkan kira-kira 2 sdm baking soda ke dalam botol yang memiliki semprotan. Tambahkan setidaknya setengah gelas air dan kocok botol hingga baking soda larut. 
  5. Semprotkan air yang telah diberi baking soda ini ke dalam semua sisi bagian dalam oven. 
  6. Diamkan kira-kira sampai 1 jam hingga kotoran berupa arang atau sisa kue di dalam oven terangkat. 
  7. Jika sudah terangkat, bilas atau lap bagian dalam oven dengan kain yang telah dibasahi air hangat. 
  8. Semprotkan lagi baking soda jika masih ada sisa kotoran yang menempel dan lakukan pembersihan lagi hingga kotoran di dalam oven benar-benar terangkat dengan baik. 
  9. Jika bagian dalam oven sudah bersih lakukan pembersihan pula di bagian luar oven dengan cara yang sama. 
  10. Ketika bagian dalam dan luar sudah bersih, masukkan kembali rak oven dan simpan oven atau pakai kembali untuk membuat kue.


Ladies, itulah cara praktis membersihkan oven. Agar kue tak menempel pada oven dan kotoran pada oven bisa diminimalisir, letakkan kertas roti atau aluminium voil di bawah rak oven agar kue yang tumpah tidak berubah menjadi kotoran.

Tapi ingat, saat menggunakan baking soda untuk membersihkan oven, pastikan oven dalam keadaan dingin. Jika oven dalam keadaan panas, hal ini bisa melukai Anda dan baking soda bisa menyebar kemana-mana. Hindari juga menyemprotkan larutan baking soda ke permukaan pintu karena hal ini bisa menyebabkan baking soda terperangkap di panel kaca dan berbahaya saat oven dipanaskan.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading