Sukses

Lifestyle

5 Tips dan Trik Mengolah Telur Bebek Jadi Makanan Super Lezat

Saat menyiapkan makanan terburu-buru, telur selalu menjadi pilihan karena mudah dimasak dan tidak memerlukan waktu lama. Sebenarnya, memasak telur ketika Anda memiliki banyak waktu bisa divariasikan sehingga telur terasa lebih nikmat. Jika bosan dengan telur ayam Anda bisa beralih dengan telur bebek lho Ladies.

Telur bebek memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu rasa dari telur bebek juga lebih gurih dibandingkan telur ayam. Kali ini Vemale akan mencoba menghadirkan 5 tips untuk mengolah telur bebek jadi masakan yang lezat dan juga super praktis. Simak tipsnya hanya di sini.

(vem/ivy)

Semur Telur Bebek

Siapkan telur , kecap, jahe dan kaldu untuk bahan utama semur. Bumbu lainnya harus Anda haluskan, diantaranya bawang merah, bawang putih, cabe, pala, merica, gula dan garam. Pertama, tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng mendidih. Tumis di wajan hingga baunya harum. Tambahkan telur rebus, biarkan sebentar kemudian masukkan air kaldu, jahe dan kecap. Masak hingga matang.

Jika Anda ingin memberikan variasi bahan lain ke dalam semur, Anda dapat menambahkan tahu, telur ayam dan bihun. Campurkan tahu yang dilumatkan dan telur ayam yang sudah dikocok. Berikan sedikit kaldu ayam atau sapi sebagai perasa. Bentuk adonan tahu tadi sesuai selera Anda. Mulailah memasak tumis bumbu-bumbu semur seperti cara di atas. Setelah itu langsung tambahkan air, masukkan tahu, tambahkan kaldu, garam dan daun jeruk nipis. Jika sudah lumayan mengental, masukkan telur bebek ke dalam semur dan aduk sekali lagi. Semur telur bebek dan tahu berbalut telur ayam pun siap dihidangkan.

Gulai Telur Bebek

Anda harus menyiapkan telur bebek dan teri sebagai bahan utama. Bahan-bahan lainnya yang harus dipersiapkan adalah bahan membuat gulai seperti santan, cabai, bawang, jahe, kunyit, lengkuas, daun salam dan garam. Haluskan semua bahan kemudian tumis bumbunya. Masukkan daun serai dan salam, masak hingga harus lalu ditambahkan santan. Jika sudah mendidih, pecah telur bebek di atas kuah gulai. Masukkan juga terinya. Tunggu hingga putih telur menggumpal kemudian angkat dan gulai siap disajikan.

Jika tak suka teri Anda bisa mencoba dengan membuat gulai kentang telur. Anda harus menyiapkan bumbu pembuat gulai. Siapkan telur bebek serta kentang. Pertama, masak telur bebek menjadi telur mata sapi. Buat kuah gulainya, masukkan kentang setelah santan dituangkan dan mendidih. Tunggu hingga kentang matang sebelum memasukkan telur bebek ceplok.

Martabak

Siapkan tepung terigu, minyak goreng, garam dan air. Bahan-bahan tersebut adalah bahan untuk membuat kulit martabak. Untuk bagian isinya adalah daging giling, bawang merah, cabai, kari bubuk, garam, merica bubuk, gula, daun bawang. Pertama cara membuat kulit martabak, campur tepung terigu dan garam, tuangkan air hingga kalis lalu tambahkan pula minyak goreng. Uleni adonan sampai kalis.Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai hingga harum. Tambahkan daging giling ke tumis dan aduk hingga berubah warnanya. Masukkan kari bubuk, garam, merica bubuk, gula lalu masak sampai matang. Tambahkan juga daun bawang. Giling tipis kulit martabak, berikan daun bawang, telur bebek, bawang bombay dan tumisan daging diatasnya lalu goreng sampai matang.

Orak-Arik

Bumbu-bumbu yang diperlukan untuk membuat orak-arik diantaranya bawang merah dan putih, cabe, pete serta daun bawang. Tumis bumbu-bumbu tersebut, tapi tinggalkan daun bawangnya. Apabila tumisan sudah berbau wangi, masukkan telur bebek mentah ke tumisan di wajah. Aduk tumisan dengan telur bebek sampai tercampur. Sebelum telur bebek mongering, masukkan daun bawang agar ikut tercampur di dalam telur orak-arik. Kemudian angkat telur bebek orak-arik dan sajikan selagi hangat.

Menu yang satu ini super duper praktis dan bisa Anda sajikan kapan saja Ladies.

Telur Ceplok Sambal Balado

Ini yang paling mudah dan praktis. Siapkan saja telur dan juga minyak goreng. Saat menggoreng telur sebenarnya tak perlu dibalik karena dapat membuat tampilan telur ceplok tidak bagus. Sebaiknya saat menggoreng telur, agar matang dengan sempurna, gunakan api yang kecil saja. Untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat dan gurih, Anda bisa menggorengnya menggunakan mentega. Tapi, jangan menyiramkan mentega atau minyak goreng karena telur bisa gosong.

Anda juga bisa mengombinasikan telur ceplok dengan sambal balado. Caranya tentu saja menggoreng telur ceplok seperti di atas. Jika ingin, Anda bisa menambahkan garam dan lada putih ketika menggoreng telur bebek. Setelah telur ceplok matang semua, Anda bisa mulai menumis sambalnya. Panaskan minyak goreng, disarankan menggunakan minyak yang cukup banyak. Tumis bawang bombay hingga harum setelah minyak tadi mendidih. Kemudian masukkan sambal balado, aduk dan campur bersama bawang Bombay. Anda juga bisa menambahkan air jika ingin tidak cepat kering. Saat tumisan sudah tercampur, masukkan telur bebek ceplok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading