Sukses

Lifestyle

Tips Menghilangkan Rasa Pedas dan Panas di Tangan Karena Efek Cabai

Anda suka makan makanan yang pedas? Sambal salsa atau daging balado pasti sangat nikmat kala Anda menikmatinya, tetapi sesudahnya, jika Anda makan menggunakan tangan maka Anda akan mengalami Hot Pepper Hands. Rasa panas menyengat pada kulit jari tangan Anda akan sedikit menyiksa dan terasa mengganggu. Hal ini akan semakin menjadi-jadi tatkala Anda memegang minyak paprika yang pedas. Jika Anda secara tak sengaja mengucek mata Anda, pasti akan perih sekali dan panas juga mata Anda.

Berikut ini ada beberapa solusi untuk mengatasi rasa panas menyengat di tangan seperti yang dilansir dari thekitchn.com, yang dapat Anda lakukan setelah terkena efek minyak cabai:

Pertama, ingat bahwa pencegahan terbaik untuk menghindari Hot Pepper Hands adalah dengan menggunakan sarung tangan, karena dengan begini Anda juga akan ingat untuk menghindari kontak dengan mata, untuk efek yang tidak di inginkan, yang lebih fatal. Tetapi jika Anda lupa untuk memakai sarung tangan, berikut ada solusi untuk Anda dalam mengatasi "jari terbakar" :

    Minyak

    Minyak dapat membantu melarutkan minyak cabai yang panas. Menggosok tangan Anda menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun sebelum memotong cabai atau paprika akan dapat mencegah sengatan efek panas cabai.

    Alkohol

    Minyak cabai atau capsaicin dapat larut dalam alkohol daripada air, sehingga minuman beralkohol macam Vodka dapat menghilangkan rasa pedas dan panas pada jari Anda.

    Sabun

    Sabun cuci piring efektif untuk melarutkan minyak cabai dan lebih manjur daripada sabun cuci tangan biasa.

    Susu dan Yogurt

    Berdasarkan teori bahwa minyak dalam cabai lebih mudah larut dalam lemak daripada air ada benarnya. Olesi jari tangan anda dalam susu atau yogurt sampai sensasi terbakar berhenti.

    Garam

    Usapkan garam ke tangan Anda, kemudian hangatkan tangan Anda di atas panas kompor sebentar saja, jika garam sudah meleleh dan mengeluarkan cairan, lalu ratakan hingga panas akibat cabai menghilang.

    Pasta Baking Soda

    Buatlah pasta kental dari baking soda dan air, kemudian oleskan di tangan Anda. Biarkan sebelum mengering sambil dibilas.

Apakah Anda punya cara lain untuk menghilangkan sensasi panas di tangan karena cabai? Silakan berbagi!











(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading