Sukses

Food

7 Cara Memanfaatkan Ampas Kopi di Rumah, Jangan Dibuang ya!

Fimela.com, Jakarta Setelah menyeduh dan menikmati segelas kopi, biasanya ampas kopi langsung dibuang begitu saja. Tapi kali ini jangan, ampas kopi ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan lho. Aroma kopi yang khas dan teksturnya yang kasar ternyata masih bisa digunakan untuk kepentingan sehari-hari. Apa kira-kira yang bisa dilakukan dengan ampas kopi? Ini sekian cara memanfaatkan ampas kopi di rumah.

 

1. Membersihkan Peralatan Makan

Tekstur ampas kopi yang kasar bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan lemak dan sisa makanan di peralatan makanan yang sulit dibersihkan. Aromanya yang wangi juga bisa langsung menghilangkan bau amis atau tidak sedap pada peralatan makan. Cukup menggunakan spons yang dicampur dengan ampas kopi sebagai alat untuk membersihkan peralatan makan yang kotor. Kemudian dilanjutkan dengan membilas dengan sabun.

2. Membantu mengangkat sel-sel kulit mati

Ampas kopi juga bisa digunakan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit, baik dijadikan masker wajah atau lulur scrub badan. Caranya sangat mudah, campurkan ampas kopi dengan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama, lalu gosokkan dengan lembut di permukaan kulit. Ampas kopi bisa mengelupas sel kulit mati dan membuat kulit halus lembut, sementara minyak zaitun berfungsi melembapkan kulit.

3. Sebagai pupuk tanaman

Ampas kopi rupanya juga kaya akannutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal. Bubuk kopi mengandung beberapa mineral utama untuk pertumbuhan tanaman seperti nitrogen, kalsium, kalium, besi, fosfor, magnesium, dan kromium. Ampas kopi juga dapat membantu menyerap logam berat yang dapat mencemari tanah. Cara penggunaannya cukup ditaburkan di atas tanah di sekitar tanaman. Pupuk alami ini bahkan membantu mendatangkan cacing yang bagus untuk tanaman.

4. Masker rambut hitam dan lebat

Tidak banyak yang tahu bahwa ampas kopi juga bisa digunakan sebagai masker rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut yang lebat dan hitam sehat. Sampo dan produk perawatan rambut berbahan dasar kimia seringkali meninggalkan residu yang dapat membuat rambut kusam, berat dan berketombe. Masker rambut ampas kopi bisa membantu mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati dan membersihkan kulit kepala. Banyak penelitian bahkan menemukan bahwa ampas kopi masih memiliki kafein, dan itu dapat merangsang pertumbuhan rambut.

5. Menghilangkan bau tidak sedap di kulkas

Mirip dengan baking soda dan rempah aroma kuat lainnya, ampas kopi juga bisa berfungsi sebagai deodorizer. Cukup letakkan mangkuk yang berisi ampas kopi di dalam kulkas untuk menghilangkan bau tidak sedap di kulkas. Ampas kopi juga bisa digunakan untuk membersihkan kulkas agar tidak bau. Cukup ambil ampas kopi secukupnya, gosokkan pada rak-rak dan dinding kulkas, kemudian lap dengan lap basah hingga bersih.

6. Mengusir kutu hewan peliharaan

Ampas kopi memiliki aroma yang kuat, dan ternyata bukan hanya serangga yang tidak suka aromanya, kutu pada hewan peliharaan seperti kucing dan anjing juga tidak menyukainya. Jika ingin mengusir kutu pada hewan kesayangan yang berambut, cukup ambil ampas kopi yang sudah diseduh lalu shampokan pada tubuh hewan yang sudah dibasahi. Pastikan mengenai kulit tubuhnya secara merata hingga sela-sela bagian tubuhnya di mana kutu sering bersarang. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas bersih. Daripada menggunakan sampo yang keras hingga berisiko membuat rambut kucing dan anjing kita rontok, lebih baik gunakan ampas kopi.

7. Mengempukkan daging

Bubuk kopi mengandung asam alami dan enzim yang membantu melunakkan daging, menghilangkan bau dan rasa yang kurang sedap sehingga meningkatkan rasanya lebih enak. Daging mengandung serat otot dan protein yang dapat memberikan konsistensi yang keras dan alot jika tidak dimasak dengan waktu yang cukup. Ambil ampas kopi secukupnya, lumurkan pada daging. Diamkan selama 30 menit atau bisa dimasak bersama untuk proses pengempukan daging lebih cepat. Rebus atau ungkep daging secukupnya, jangan terlalu lama jika tidak ingin daging terlalu empuk dan hancur.

Apakah Sahabat Fimela punya tips tersendiri dalam memanfaatkan ampas kopi?

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading