Cara Mengolah Sagu Lempeng

Kamis, 07 April 2011 07:00



(c) autisfood Vemale.com - Kita mengenal sagu sebagai salah satu bahan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Sekalipun kehadiran tepung sagu tidak setenar tepung terigu atau tepung maizena, kehadirannya membuat banyak ragam panganan yang bisa dibuat.

Jika Anda ingin membuat berbagai panganan yang terbuat dari bahan sagu, jangan ragu untuk berkreasi, ada banyak resep kue yang bisa Anda coba, dengan rasa yang tidak kalah lezat dari kur yang terbuat dari tepung terigu. Beruntung jika Anda mengunjungi daerah Papua atau Maluku, di sana ada banyak sagu dijual dalam berbagai bentuk yang siap olah.

Tidak hanya tepung, Anda bisa mendapat sagu siap olah dalam bentuk lempengan. Biasanya sagu bentuk lempengan ini berwarna merah pucat kecoklatan. Bingung bagaimana mengolah sagu lempeng atau sering disebut sagu rumbia ini? Jangan khawatir, ini dia cara mengolah sagu rumbia.

1. Sebelum diolah, rendam sagu lempengan ke dalam air selama 30 hingga 1 jam. Tunggu hingga lunak, lalu remas-remas hingga berbentuk butiran halus. Agar lebih halus, Anda bisa menyaringnya.

2. Sagu lempeng mempunyai rasa yang tawar, sehingga Anda bisa menambahkan gula sesuai selera Anda. Jika tidak ditambah gula juga tidak masalah.

3. Agar sagu tidak cepat hangus saat dimasak, gunakan api sedang dan aduk terus hingga matang.

4. Jika Anda ingin menyajikan sagu lempeng dalam bentuk bubur, tinggal menambahkan kuah santan dan menambah buah-buahan sebagai pelengkapnya. (vem/wsw)







ARTIKEL TERKAIT - TIPS DAPUR
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

21 Juli - 27 Juli
Sekaranglah saat yang tepat untuk menyambung kembali relasi yang sempat terputus...







Cari Resep