Sukses

Lifestyle

Tips Memilih, Menyimpan, dan Memotong Buah Mangga

Wah, kalau sudah musim mangga seperti ini, banyak pedagang yang menjual buah mangga dengan harga yang cukup miring. Sebagai pembeli, kita bisa kalap membeli berkilo-kilo buah mangga untuk dinikmati di rumah, mumpung sedang murah. Tapi jangan sampai salah pilih. Ada tips-tips khusus yang perlu kita ikuti ketika memilih, menyimpan, dan memotong buah mangga. Untuk lebih jelasnya, simak uraiannya yang dilansir dari mango.org berikut ini.

    Memilih Mangga yang Matang

    Kematangan buah mangga tidak bisa dilihat hanya dari warna kulit luarnya saja. Bahkan ada jenis buah mangga tertentu yang warna kulitnya sudah merah meski belum matang sepenuhnya. Anda bisa coba untuk menekan buah mangga dengan lembut untuk memastikan kematangannya. Buah mangga yang masak umumnya akan terasa lebih lunak ketika ditekan. Cium juga aroma buah mangga di pangkal batangnya. Buah mangga yang sudah matang akan memiliki aroma yang harum.

    Menyimpan dan Mematangkan Buah Mangga

    Simpan buah mangga di suhu ruangan. Mangga yang belum matang sebaiknya tak disimpan di dalam kulkas. Dalam suhu ruangan, buah mangga akan matang dengan sendirinya dan semakin manis dari hari ke hari. Jika ingin mempercepat proses pematangannya, Anda bisa memasukkan buah mangga ke dalam kantung kertas lalu letakkan di suhu ruangan. Saat mangga sudah matang, bisa langsung disimpan di dalam kulkas agar tidak cepat busuk. Buah mangga bisa dikupas lalu dipotong-potong baru diletakkan di dalam wadah tertutup rapat sebelum disimpan di dalam kulkas.

    Memotong Buah Mangga yang Benar

    Pastikan Anda menggunakan pisau dan talenan yang bersih ketika memotong buah mangga. Sebelum dipotong, cucilah buah mangga terlebih dahulu. Pisau yang digunakan sebaiknya memang pisau khusus untuk memotong buah.

Di Indonesia, banyak sekali varian buah mangga. Umumnya buah mangga yang paling digemari adalah buah mangga harum manis atau gadung yang memiliki aroma harum dan rasa yang manis. Selamat berburu buah mangga.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading