Sukses

Lifestyle

Ini Lho Rahasia Membuat Kentang Goreng Renyah dan Gurih

Bikin kentang goreng? Apa sih susahnya? Tinggal potong kentang, dibumbui terus digoreng, begitu bukan? Eits, jangan salah, ternyata ada trik khusus untuk membuat kentang goreng jadi lebih renyah dan gurih lho.

Seperti yang dilansir oleh bonappetit.com, ada semacam prosedur tertentu yang harus kita ikuti untuk membuat kentang goreng jadi lebih sempurna.  Seperti apa prosedurnya? Langsung saja simak penjelasan lebih detailnya di sini.

1. Potong-potong kentang dengan bentuk yang seragam. Misalnya, dengan ketebalan 0,5 cm dan panjang 8 cm. Anda bisa mengupas kentangnya terlebih dahulu. Tapi jika tidak ingin repot-repot mengupas, Anda tinggal menggosok-gosok kulitnya saja hingga bersih sebelum kentang dipotong-potong.

2. Masukkan potongan kentang ke dalam panci berisi air dingin. Lalu biarkan hingga mendidih. Saat sudah mendidih, tunggu lima menit dulu baru diangkat dan ditiriskan. Pastikan kentang benar-benar tiris sebelum digoreng.

3. Goreng dengan banyak minyak (deep frying). Masukkan potongan kentang secukupnya saja ke dalam minyak panas. Usahakan suhu minyak goreng mencapai 128 derajat celcius (Anda bisa menggunakan candy thermometer untuk mengetahui tingkat kepanasan atau suhu minyak sayur dengan tepat). Saat kentang sudah matang tapi belum berubah warna, langsung angkat dan tiriskan untuk digoreng lagi yang kedua kalinya.

4. Untuk penggorengan yang kedua, panaskan minyak sayur hingga mencapai 176 derajat celcius. Lalu goreng lagi kentang yang sudah ditiriskan hingga coklat keemasan selama 2-4 menit.

Anda bisa menikmati kentang goreng ini dengan saus sambal atau cukup ditaburi dengan garam. Selamat mencoba di rumah.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading