Sukses

Lifestyle

5 Kesalahan dalam Merebus Pasta yang Perlu Dihindari

Pasta, makanan yang sangat mudah dan cepat dibuat (sekaligus mengenyangkan). Meskipun mudah, untuk mendapatkan rasa dan tekstur pasta yang pas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti yang dilansir oleh thekitchn.com, ada lima kesalahan dalam memasak pasta yang perlu dihindari. Bagi para pemasak pemula, informasi ini bisa sangat membantu Anda.

  • Kesalahan Pertama: Menggunakan Panci yang Terlalu Kecil

Pernah memasak pasta di panci yang terlalu kecil? Sampai-sampai Anda mematahkan pasta kering agar bisa pas di panci tersebut? Ladies, apabila Anda menggunakan panci yang terlalu kecil, temperatur air akan langsung turun begitu Anda memasukkan pasta kering ke dalamnya. Dan ketika air kembali mendidih, pasta akan jadi lembek dan lengket satu sama lain, bahkan bisa jadi menempel di panci yang Anda gunakan.

  • Kesalahan Kedua: Tidak Menambahkan Garam ke Air Rebusan

Pasta tidak akan menyerap semua garam yang larut di dalam air rebusannya. Tujuan dari menambahkan garam ke dalam air rebusan untuk pasta adalah agar permukan pasta bisa sedikit kasar dan tidak licin. Jadi, tambahkan sejumput garam ke dalam air rebusan yang akan Anda gunakan untuk merebus pasta.

  • Kesalahan Ketiga: Terlalu Cepat Memasukkan Pasta

Tunggu air hingga mendidih dan mengeluarkan gelembung-gelembung air, baru masukkan pasta kering yang akan Anda masak. Jika pasta dimasukkan ke dalam air yang belum mendidih benar, maka pasta akan lengket dan menggumpal. Tak ada salahnya kan bersabar sedikit agar bisa mendapatkan pasta yang kenyal dan pas.

  • Kesalahan Keempat: Tidak Mengaduk Pasta

Aduk pasta begitu Anda memasukkannya ke dalam air mendidih untuk dimasak. Atau Anda bisa mengaduknya sesekali saat sedang dimasak. Langkah ini penting agar nantinya Anda tidak uring-uringan dengan hasil pasta yang menempel satu sama lain.

  • Kesalahan Kelima: Membilas Pasta

Saat pasta sudah matang, Anda tak perlu membilasnya dengan air dingin lagi. Selain memang tidak perlu, pasta akan kehilangan pati yang bisa membuat saus menempel jika Anda membilasnya. Cukup taruh di wadah saringan agar pasta tidak terlalu berair sebelum Anda menyantapnya dengan saus atau bahan-bahan favorit Anda lainnya.

Menghindari lima kesalahan di atas akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan pasta yang lezat. Meski kesalahan-kesalahan tersebut terkesan sepele, tapi dengan berhati-hati sedikit saja maka Anda bisa mendapatkan masakan atau menu yang lezat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading