Sukses

Lifestyle

Bagaimana Cara Mengeringkan Jamur? Ikuti Step-Step Berikut Ini

Jamur merupakan salah satu bahan makanan kaya nutrisi yang masuk dalam kategori sayuran. Nah, karena hal ini juga lah, jamur jadi tidak tahan lama disimpan dalam keadaan segar. Jamur juga bukan bahan makanan yang bisa ditemukan kapan saja, terkadang jamur susah ditemui di pasar dan jika pun ada harganya cukup mahal.

Nah, untuk menghindari masa-masa seperti itu, terutama jika Anda sedang butuh bahan masakan berupa jamur, dan kebetulan sedang murah, Anda bisa beli banyak dan mengeringkannya kemudian disimpan dan digunakan saat membutuhkan. Cara dari www.wikihow.com berikut ini bisa dicoba Ladies.

Keringkan menggunakan oven

Pertama, bersihkan dulu jamur dengan kuas atau dry paper dari debu dan tanah yang menempel di jamur. Jangan membersihkan dengan mencucinya di air, karena bisa layu dan memicu tumbuhnya jamur lain yang akan menjadikan jamur cepat busuk. Pastikan juga membersihkan sela-sela bagian jamur yang kotor namun sulit dibersihkan dengan tisu.

Kedua, jika Anda ingin mengeringkan jamur dengan cepat, Anda bisa memotong-potong jamur menjadi suir korek api. Karena semakin tebal dan besar jamur, maka akan semakin lama jamur kering di dalam oven. Jika memungkinkan, Anda bisa memilih jamur yang ukuran dan tebalnya sama sehingga keringnya juga bisa bersamaan dan merata.

Ketiga, taruh jamur yang sudah dibersihkan di atas kertas oven, namun jangan beri minyak untuk melapisi dasar kertas, karena hal ini akan membuat jamur menyerap minyak tersebut dan membuat jamur susah kering di dalam oven atau tidak kering sama sekali.

Keempat, atur oven dengan suhu 65 derajat Celcius dan masukkan jamur ke oven dengan waktu satu jam penuh. Setelah satu jam, keluarkan jamur dari oven dan biarkan hingga dingin. Tempatkan pada tempat yang kering dan tidak lembab. Jika jamur belum kering benar, Anda bisa memasukkan dan meng-oven lagi jamur tersebut selama 30 menit.

Setelah dingin benar, Anda bisa menaruh jamur yang sudah kering ke dalam toples kedap udara dan menutupnya rapat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading