Sukses

Lifestyle

7 Tips Penting Memasak Untuk Acara Pesta

Pernah merasakan repotnya memasak saat menyelenggarakan pesta? Bukan hanya masakan yang harus matang, namun pertimbangan mengenai waktu dan proses memasak juga menjadi sesuatu yang penting. 

Selain itu, biasanya kita akan memikirkan mengenai biaya dan berbagai macam pernak-pernik kebutuhan memasak. Nah, agar tidak bingung, pegang beberapa prinsip memasak dalam jumlah banyak ini. 

  1. Memasak Sendiri VS Catering Pertimbangkan kebutuhan dan kemampuan Anda. Bisa jadi Anda ingin memasak semuanya sendiri bila memang sanggup. Namun pertimbangkan juga kesegaran makanan saat disajikan, jumlah porsi makanan dan waktu yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan sistem 50:50, full catering atau full memasak sendiri. 
  2. Pilihan Menu Bila Anda memasak sendiri, pilihlah menu yang mudah dibuat dan awet. Misalnya masakan non santan. Pilih menu yang tidak cepat rusak bila dipanaskan beberapa kali sebelum penyajian. 
  3. Jangan Menutup Makanan Panas Masakan yang masih panas jangan ditutup rapat. Hal ini bisa menyebabkan masakan menjadi basah 'berkeringat' hingga menjadi apek. 
  4. Jangan Meletakkan Makanan di Lantai Tanpa Alas Beberapa jenis makanan seperti masakan berkuah, sebaiknya jangan diletakkan di lantai tanpa alas. Hal ini selain kurang baik bagi kualitas masakan, juga bisa menyebabkan masakan kecut dan cepat basi. 
  5. Bahan Matang Dan Bahan Mentah Perhatikan kapan Anda akan mendahulukan masakan matang dan masakan yang disajikan mentah/segar. Terutama bahan seperti timun, tomat, bahan lalapan dan acar yang cepat turun kualitasnya bila terlalu lama dibiarkan setelah dipotong/diolah. 
  6. Team Work Anda akan membutuhkan bantuan. Pastikan tim memasak Anda cukup kooperatif dalam hal ini sehingga Anda tak perlu bingung bagaimana caranya memasak enak, tepat waktu dan efisien. 
  7. Bahan Cadangan Jangan belanja dan memasak dalam jumlah yang pas. Tambahkan beberapa jumlah porsi cadangan dan siapkan pula bahan cadangan. Kadang tanpa kita sadari, kecelakaan memasak seperti masakan asam beberapa jam sebelum disajikan mudah terjadi.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda memasak dalam jumlah banyak dengan lebih mudah. Happy cooking. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading