Sukses

Lifestyle

Cara Tepat Mengasah Pisau Agar Tajam Dan Awet

Dalam memasak, selain bahan berkualitas yang digunakan, peralatannya pun perlu diperhatikan khusus. Salah satunya adalah pisau. Jika pisau tumpul, Anda akan sulit menggunakannya dan membuat bentuk potongan makanan menjadi tak sedap dipandang. Untuk itu, Anda perlu mengasah pisau yang sudah tumpul agar bisa digunakan kembali.

Mengasah pisau tak semudah kelihatannya. Diperlukan cara yang tepat agar pisau kembali tajam dan awet dari waktu ke waktu.

Memilih Batu Asah

Memilih batu asah yang tepat adalah batu asah dengan dua permukaan, yaitu kasar dan halus. Basahi permukaan batu asah dengan air atau sabun untuk melumasi permukaan batu. Hindari menggunakan minyak pelumas karena akan membuat pori-pori batu asah tertutup.

Cara Mengasah Pisau

  1. Sebaiknya mengasah pisau dengan sudut kemiringan sekitar 10-20 derajat. Jangan mengasah pisau dengan posisi berdiri karena akan menghilangkan ketajamannya.
  2. Asah pisau secara satu arah, jangan dilakukan secara bolak-balik karena akan membuat pisau menjadi tumpul.
  3. Ulangi langkah 1 dan 2 sekitar 3-4 kali.
  4. Setelah diasah, segera bersihkan pisau dengan air dan jangan dibiarkan begitu saja. Bekas asahan akan menimbulkan bakteri yang menempel pada pisau dan membuat pisau jadi tumpul.

Nah dengan cara ini Anda bisa mempertajam pisau kesayangan dan menjaga keawetannya. Selamat mencoba, Ladies!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading