Sukses

Lifestyle

3 Tips Menghilangkan Rasa Pahit dari Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki rasa pahit yang sangat khas. Meskipun begitu, daun pepaya masih sering dimasak karena segudang manfaat yang dimilikinya. Beberapa manfaatnya antara lain baik untuk pencernaan, bisa menambah nafsu makan, sebagai pereda nyeri haid, dan juga bisa mengontrol tekanan darah. Nah, jika kurang terlalu suka dengan rasa pahit daun pepaya, Anda bisa langsung mengikuti tips-tips berikut ini.

    Menggunakan Garam Kasar

    Campur daun pepaya yang akan dimasak dengan garam kasar. Remas hingga daun pepaya layu. Setelah itu cuci bersih, baru direbus hingga mendidih, kemudian tiriskan.

    Menggunakan Tanah Lempung dan Baking Powder

    Jika ingin membuat daun pepaya lebih cepat matang dan hilang rasa pahitnya, Anda bisa merebus daun pepaya dua kali. Pertama, rebus daun pepaya bersama sedikit lempung dan baking powder. Lempung yang dimaksud di sini adalah tanah lihat yang sudah kering, bersih, dengan warna keabuan, biasanya dibentuk bulat-bulat, yang disebut Ampo. Ampo ini bisa ditemukan di pasar tradisional. Fungsi dari tanah lempung ini adalah untuk menyerap rasa pahit dari daun pepaya sementara baking powder berfungsi untuk menjaga daun pepaya tetap hijau. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Cuci bersih terlebih dahulu baru direbus kembali untuk yang kedua kalinya dengan menggunakan air yang sudah dibubuhi dengan sedikit baking powder.

    Mencampurkan dengan Jenis Sayuran Lain

    Cara ini termasuk cara yang paling mudah. Mencampurkan daun pepaya dengan jenis sayuran lain bisa menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya itu sendiri. Beberapa jenis sayuran yang bisa dicampurkan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya antara lain daun jambu biji, daun jambu mete, dan daun singkong. Yang perlu Anda lakukan adalah merebus daun pepaya dengan salah satu jenis sayuran tersebut hingga mendidih. Setelah matang, pisahkan daun pepaya dari sayuran yang menjadi campurannya. Anda pun bisa mendapatkan cita rasa daun pepaya yang berbeda dan unik.

Jika Anda adalah seorang pemasak pemula, memperhatikan hal-hal kecil seperti ini akan sangat membantu Anda untuk menghasilkan makanan atau menu yang lezat. Memasak akan menjadi kegiatan yang menyenangkan ketika kita sudah bisa menemukan trik-trik sederhana untuk mengolah bahan makanan yang akan kita masak. Happy cooking, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading