Sukses

Lifestyle

Tips Memilih Minyak Zaitun Sesuai Kebutuhan

Minyak zaitun telah dikenal lama sebagai minyak yang bercitarasa khas. Tak hanya itu, minyak dari buah asal Mediterania ini memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Misalnya mencegah penyakit jantung ataupun melembutkan kulit tubuh.

Ada banyak jenis minyak zaitun di pasaran. Lalu minyak zaitun seperti apa ya yang tepat digunakan sesuai kebutuhannya? Dilansir oleh wikihow.com, berikut ini beberapa jenis minyak zaitun sesuai tingkat pengolahannya:

    Extra Virgin Olive Oil

    Extra virgin olive oil atau disebut EVOO berasal dari pengolahan tingkat pertama minyak zaitun. EVOO mengandung tidak lebih dari 0,8% keasaman dan punya rasa yang unggul karena tidak melalui proses penyulingan. Baik untuk campuran salad.

    Virgin Olive Oil

    Dari namanya menunjukkan minyak ini belum mengalami proses penyulingan apapun. Namun, VOO memiliki kandungan keasaman yang lebih tinggi yaitu sekitar 1-4% dibandingkan EVOO sehingga rasanya tak sekuat EVOO.

    Olive Oil (Minyak Zaitun)

    Minyak zaitun yang ini mudah sekali kita temukan dalam jumlah banyak di pasaran. Biasanya virgin oil dicampur dengan minyak zaitun kualitas lebih rendah untuk menyempurnakannya. Cocok untuk memasak.

    Olive Pomace Oil

    Ini adalah minyak zaitun yang paling ringan yang terbuat dari residu yang tersisa setelah minyak ditekan. Tak heran jika minyak jenis ini herganya murah karena kualitasnya sangat rendah. OPO umumnya digunakan untuk produk pembersih dan bukan untuk dikonsumsi sebagai makanan.

Jika Anda ingin membeli EVOO, VOO ataupun olive oil, pilihlah yang dikemas dalam botol gelap karena botol berwarna gelap akan menjaga kualitas produk. Nah, dengan berbagai jenis minyak zaitun yang beredar di pasaran ini, Anda dapat memilih yang mana sesuai kebutuhan.



(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading