Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Daging Ayam agar Lebih Cepat Matang

Ingin lebih menghemat waktu dan energi ketika memasak daging ayam? Meski pada dasarnya daging ayam tak butuh waktu terlalu lama untuk matang, kita bisa mempersingkat waktu memasaknya dengan melakukan sejumlah tips dan trik. Dilansir dari bonappetit.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar daging ayam bisa lebih cepat saat dimasak.

Hilangkan Tulang dan Kulit
Agar daging ayam yang Anda masak bisa lebih cepat matang, hilangkan dulu tulang dan kulitnya. Daging bagian paha bisa lebih cepat matang bila dimasak tanpa menyertakan tulang dan kulitnya dibandingkan daging bagian dada.

Potong Tipis
Pastinya semakin tipis potongan dagingnya, maka daging akan lebih cepat matang ketika dimasak. Semakin kecil potongan daging juga akan membuat daging ayam lebih cepat matang saat dipanggang, digoreng, ataupun direbus. Daging cincang yang dipotong kecil-kecil juga hanya butuh waktu sebentar untuk matang.

Ditutup dengan Batu Bata
Ketika Anda memanggang daging ayam, coba gunakan batu bata atau objek berat lainnya untuk menutup atau menahan daging tersebut. Tekanan dari objek yang berat dan panas bisa membuat daging lebih cepat matang.

Olesi dengan Mentega atau Minyak
Segala jenis lemak seperti mentega dan minyak adalah konduktor panas. Dengan mengolesi mentega atau minyak ke permukaan daging ayam, daging akan lebih cepat matang sekaligus menguatkan rasa daging ayam tersebut.

Tambahan Tips Lain Saat Memasak Daging Ayam

  • Untuk membuat daging ayam lebih empuk, Anda bisa merendamnya di air garam terlebih dahulu.
  • Ketika menggoreng daging ayam, usahakan gunakan minyak yang cukup dan tidak memasukkan terlalu banyak potongan daging ayam ke wajan. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan potongan daging ayam dengan tekstur karamel dan krispi.
  • Jika Anda memanggang satu ekor daging ayam utuh, diamkan dulu beberapa saat setelah matang baru dikonsumsi.
  • Cobalah untuk menyamaratakan ketebalan daging ayam bagian dada untuk mendapatkan tingkat kematangan yang sama rata.
  • Pastikan daging ayam yang akan dipanggang tidak berair atau terlalu basah agar bisa mendapatkan kulit renyah dan krispi yang diinginkan.
  • Bumbu paling dasar untuk daging ayam yang akan dipanggang adalah garam, perasan air jeruk nipis dan bawang putih.

Memasak daging ayam memang terlihat mudah. Dan dengan mengikuti cara yang benar, cita rasa daging ayam akan lebih terasa lezat dan enak.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading