Sukses

Lifestyle

Tips Menghindari Mie Lengket Setelah Direbus

Mie merupakan salah satu bahan makanan praktis yang enak dan bisa dimanfaatkan menjadi berbagai jenis masakan. Namun, seringkali setelah direbus, mie jadi lengket dan sulit dibumbui. 

Apakah Anda juga sering mengalaminya? Pasti rasanya sedikit menjengkelkan. Hal ini bisa mempengaruhi rasa dari mie tersebut. Nah, Anda bisa mencegah atau mengatasinya dengan beberapa hal seperti di bawah ini. 

    Olesi Dengan Minyak

    Setelah ditiriskan, beri satu atau beberapa sendok makan minyak nabati. Secukupnya saja agar mie tidak lengket untuk sementara. Gunakan minyak baru agar tidak mempengaruhi rasa dari makanan tersebut. Bila Anda menyisihkannya dalam waktu lama, setiap beberapa waktu sekali, aduk kembali mie karena mie tetap bisa lengket bila terlalu lama didiamkan.

    Beri Bumbu Basah

    Saat mie sudah sangat lengket dan menggumpal jadi satu, buatlah sebuah bumbu cair. Gunakan sedikit saja air dan masukkan bumbu ke dalamnya. Panaskan dengan api kecil. Setelah cukup panas, masukkan mie sambil mengurainya perlahan-lahan. Pastikan banyaknya bumbu cair ini cukup untuk waktu penguraian mie dan pembumbuan agar bumbu merata ke seluruh mie.

    Minyak Zaitun Pada Rebusan Air

    Tambahkan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur pada rebusan air. Rebus mie seperti biasa. Cara ini bisa digunakan untuk mencegah mie lengket, tapi tidak dalam waktu yang lama. Bila mie kembali lengket, ulangi memasak air rebusan dengan minyak. Setelah air cukup panas, urai mie dalam kondisi api mati.

    Dijadikan Mie Kuah

    Cara yang lebih mudah adalah menjadikannya mie kuah. Namun agar mie tidak mengembang dan terlalu lembek, Anda bisa menyiramkan kuahnya tepat 2-3 menit sebelum disajikan. Jadi, mie yang sudah ditiriskan bisa diberi minyak atau tidak, kemudian sisihkan. Siapkan kuah kaldu, kemudian siramkan saat akan dimakan. Jadi kuah masih panas dan mie masih terasa kenyal.

 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading