Sukses

Lifestyle

4 Kesalahan Umum yang Dilakukan Pemasak Pemula

Ladies, apakah saat ini Anda sedang dalam tahap belajar memasak? Belajar memasak, apalagi jika masih menjadi seorang pemasak pemula, bisa dibilang susah-susah gampang. Untuk pintar memasak, bakat saja tidak cukup. Latihan dan terus belajar adalah kuncinya. Setidaknya Anda perlu menghindari lima kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemasak pemula ini.

1. Tidak Membaca Resep
Sebagai seorang pemasak pemula, membaca resep dengan seksama itu sangat penting. Tujuannya jelas, yaitu agar Anda tidak salah langkah dan bisa mendapatkan menu masakan yang Anda inginkan. Selain itu pastinya akan sangat mempersingkat waktu memasak Anda jika Anda sudah membekali diri Anda dengan resep.

2. Tidak Memanaskan Panggangan
Ketika Anda memanggang kue atau daging, jangan lupa untuk memanaskan panggangannya terlebih dulu. Banyak pemasak pemula yang melewatkan langkah ini. Padahal konsep ini sangat penting untuk bisa mendapatkan masakan dengan tingkat kematangan yang pas.

Jika tidak tertulis di resep atau dalam cara membuat makanan, beri sedikit waktu untuk panci atau penggorengan Anda panas terlebih dahulu. Berikan sedikit minyak juga agar masakan tidak lengket.

Hati-hati! Meskipun Anda perlu memanaskan wajan, panggangan, atau panci terlebih dahulu sebelum memasukkan bahan makanan ke dalamnya, jangan sampai Anda memanaskannya terlalu lama. Jika muncul asap, segera matikan api dan diamkan agar dingin.


Untuk mengetahui panas yang pas, Anda bisa mengarahkan tangan Anda di atas panci, wajan, atau panggangan Anda. Jika tangan Anda merasa hangat, berarti Anda sudah bisa memasukkan bahan makanan untuk dimasak. Atau percikkan sedikit air, apabila air mengeluarkan suara mendesis, itu juga bisa jadi tanda bahwa wajan sudah bisa digunakan.

3. Terus Mengaduk Masakan
Pemasak pemula biasanya sangat gemar untuk mengaduk-aduk masakan yang sedang dimasaknya. Bahkan ia bisa berulang kali membolak-balik makanan yang sedang digoreng. Padahal ini merupakan tindakan yang tidak perlu. Untuk menjaga tekstur makanan, usahakan untuk mengaduk dan membalik makanan secukupnya saja.

4. Tidak Mencicipi Makanan
Memasak tanpa mencicipi itu seperti melukis tapi dengan mata tertutup. Ketika memasak, Anda perlu mencicipi makanan yang Anda masak untuk memastikan rasanya.

Garam dan bumbu penyedap memang sebaiknya ditambahkan saat makanan sudah hampir matang. Maksudnya adalah agar Anda bisa menyesuaikan rasanya dengan pas dan tepat di akhir kegiatan memasak.
 
Ladies, tetap hadirkan perasaan senang dan bahagia saat memasak. Terkadang masakan terasa tidak sedap meskipun sudah sama persis dengan resep karena Anda tidak menikmati proses memasaknya. However, cooking is an art!




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading