Sukses

Lifestyle

Tips Membersihkan Wajan Teflon Agar Awet

Wajan dan panci anti lengket atau sering disebut teflon sangat berguna bagi para penggemar masak dan ibu rumah tangga. Alat memasak jenis ini sangat praktis digunakan untuk berbagai keperluan seperti menggoreng bahkan memanggang, tanpa takut makanan lengket di permukaannya.

Namun, jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik, lapisan anti lengket pada wajan akan rusak, tergores, atau hilang. Untuk itu, cara membersihkannya pun harus benar, berikut beberapa tips dalam membersihkan wajan anti lengket seperti dilansir thekitchn.com.

    Gunakan baking soda

    Campur baking soda dengan air dalam perbandingan 1:1, usapkan pada permukaan wajan dengan menggunakan spons atau sikat lembut non-logam. Jangan lupa untuk membersihkan bagian sisinya untuk membersihkan sisa minyak dan makanan yang menempel. Bilas dengan air kemudian keringkan.

    Olesi minyak

    Pulihkan permukaan anti lengket dengan mengoleskan sedikit minyak sayur atau minyak goreng di permukaannya, kemudian lap dengan lap lembut hingga kering. Bersihkan juga sisa minyak dengan tisu atau paper towel.

    Jangan gunakan dishwasher

    Beberapa produk mungkin mencantumkan label 'dishwasher save', tetapi sebaiknya jangan gunakan dishwasher untuk mencucinya. Suhu panas dan deterjen dapat merusak lapisan anti-lengket pada wajan.

Umumnya wajan atau panci anti lengket dapat bertahan hingga 5 tahun. Jika permukaannya mulai mengelupas, sebaiknya ganti wajan Anda dengan yang baru. Dan pastikan menggunakan sutil kayu atau plastik saat menggunakan wajan anti lengket agar permukaannya tidak tergores dan lebih awet.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading