Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan Makanan Segar Ini Akan Membantu Anda

Selain menyimpan bahan makanan instan, tentunya kita semua punya bahan makanan yang segar. Beberapa di antaranya adalah buah dan sayuran. Bahan makanan seperti ini punya umur yang pendek sehingga kita perlu memperhatikan penyimpanannya. 

Agar bahan makanan Anda tak terbuang sia-sia karena kering, kecoklatan atau membusuk, coba deh cara yang satu ini untuk 'menyelamatkan' mereka. 

  • Kalau Anda ingin mematangkan buah dengan cepat, ada dua cara. Yang pertama adalah dengan memasukkan buahnya ke dalam kantong plastik. Buah yang bisa menggunakan metode ini adalah sejenis pisang. Sedangkan untuk buah pepaya dan mangga, Anda bisa memasukkannya ke dalam beras agar lebih cepat matang. 
  • Selain mempercepat kematangan, Anda perlu juga mengetahui caranya mencegah pembusukan. Untuk buah seperti tomat dan apel, sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan yang stabil agar tak mudah kecoklatan atau membusuk. Sementara untuk buah seperti alpukat, bisa dibungkus dengan menggunakan koran dan masukkan ke dalam tempat sayur di kulkas. 
  • Mencegah potongan apel kecoklatan bisa dilakukan dengan merendamnya dalam air madu yang diberi perasan lemon. Ini akan menjaga bentuk dan warna potongan apel Anda tetap menawan untuk salad atau es buah. 
  • Mencegah dedaunan hijau kering dan layu bisa dilakukan dengan memotong pangkal sayuran dan memasukkannya ke dalam wadah kedap udara seperti kantong plastik atau wadah plastik. Hindari ada basah meski sedikit, karena bisa menyebabkan batang atau daunnya lembek dan busuk. 
  • Jangan biarkan bawang bombay Anda menjadi pahit, agak kering dan baunya menyengat. Anda bisa menempatkan bawang yang tersisa dengan meletakkannya di dalam wadah kedap udara. Dengan demikian rasanya tetap gurih manis dan segar. 
  • Telur adalah bahan masakan yang bagaikan undian. Ada yang segar dan ada juga yang busuk. Kalau dia tenggelam dalam air, maka ia masih baik-baik saja. Kalau telurnya mengambang, kemungkinan sudah tidak layak digunakan. Simpan telur dalam suhu ruang atau yang cukup sejuk untuk menjaganya tetap segar. 

Cobalah cara di atas untuk mempermudah Anda menyimpan bahan-bahan masakan yang diinginkan. Jangan lupa intip tips dapur kami yang lain ya, Ladies. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading