Sukses

Lifestyle

Tips Memakai Talenan Supaya Masak Lebih Menyenangkan

Sebagai alat bantu memasak, kehadiran talenan begitu penting. Alas memotong  berbagai bahan makanan ini sangat penting, bahkan jika tidak ada talenan, bisa-bisa Anda tidak bisa memasak.

Dengan banyaknya penggunaan talenan dalam kegiatan memasak, ternyata masih banyak orang salah menggunakan talenan. Inilah beberapa tips memakai talenan yang sebaiknya Anda aplikasikan di dapur.

Pakai Talenan Kayu

Talenan ada banyak jenis bahan pembuatnya, namun lebih disarankan memakai talenan kayu. Alasannya, karena talenan kayu akan membuat pisau tak mudah tumpul sebab permukaannya halus. Sedangkan alasan lainnya adalah.. penggunaan talenan plastik biasanya akan mengelupas dan meninggalkan serpihan kecil yang bisa terbawa dalam bahan masakan.

Sebaiknya Punya 2 Talenan

Untuk menjaga kualitas dan kebersihan makanan, akan lebih baik jika Anda memakai 2 talenan. Satu talenan untuk memotong daging hewan seperti daging sapi, ayam, ikan, seafood dan sebagainya. Sedangkan 1 talenan lagi untuk sayuran, bahan kering dan bukan dari jenis hewani. Hal ini dimaksud agar sisa bahan hewani tidak mencemari bahan masakan lain.

Perawatan Talenan

Merawat Talenan tidak sulit, Anda bisa mencucinya seperti biasa. Jika meninggalkan bau amis, oles dengan lemon atau cuka, lalu cuci seperti biasa. Segera ganti talenan jika sudah banyak bekas sayatan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pakai agar memasak jadi lebih sehat dan menyenangkan.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading