Sukses

Lifestyle

Hindari 9 Kesalahan dalam Membuat Telur Orak-Arik Ini!

Bikin telur orak-arik? Itu sih gampang banget. Eh, tapi tak semua orang bisa membuat telur orak-arik dengan rasa yang pas dan lezat lho. Untuk menu sarapan sehat dan spesial, telur orak-arik sebaiknya memang dibuat dengan sesempurna mungkin.

Seperti yang dilansir oleh huffingtonpost.com, ada sembilan kesalahan yang sering dilakukan dalam pembuatan orak-arik. All you need to do is just to avoid these mistakes dan serve your scrambled egg with proud.

    Kesalahan Pertama

    Memasak telur orak-arik dengan api besar bisa membuat telur Anda mudah gosong. Jadi pilihlah api kecil untuk memasak telur orak-arik untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang diinginkan.

    Kesalahan Kedua

    Terlalu orak-arik yang terlalu gosong tidak akan terasa lembut di mulut. Gimana caranya untuk memastikan bahwa telur sudah matang sempurna? Caranya adalah dengan melihat tekstur telur yang masih basah tetapi sudah tidak benyek.

    Kesalahan Ketiga

    Menggunakan telur yang sudah terlalu lama disimpan juga akan merusak cita rasa telur orak-arik yang dihasilkan. Telur yang masih segar (disimpan kurang dari seminggu) masih memiliki cangkang berpori dan dapat menyerap bau serta melepaskan uap air.

    Kesalahan Keempat

    Tidak mengaduk terus hingga merata akan membuat tekstur telur jadi kasar. Jadi pastikan Anda terus mengaduk-aduk telur menjadi bagian-bagian kecil dan lebih lembut.

    Kesalahan Kelima

    Jangan membiarkan telur yang sudah diaduk diam terlalu lama. Saat Anda akan membuat telur orak-arik, langsung ambil telur dan aduk saat itu juga sebelum dimasak.

    Kesalahan Keenam

    Ternyata untuk mendapatkan telur orak-arik yang sempurna, Anda tak perlu menambahkan air, susu, atau krim. Kenapa? Karena telur dengan cairan tambahan bisa membuat telur basah dan terlalu matang.

    Kesalahan Ketujuh

    Salah menggunakan wajan yang tepat. Pilih ukuran wajan sesuai dengan jumlah telur yang Anda gunakan. Wajan berdiameter 18 cm bisa digunakan untuk membuat telur orak-arik dari dua butir telur.

    Kesalahan Kedelapan

    Berhenti mengaduk telur yang akan dibuat orak-arik bisa membuat Anda gagal untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

    Kesalahan Kesembilan

    Memberi bumbu, garam, atau perasa terlalu awal bisa merusak tekstur dan malah membuat telur jadi berair. Tambahkan garam dan perasa saat telur sudah mau diangkat dari wajan.

Membuat telur orak-arik memang mudah. Tapi jika Anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna, ada baiknya untuk menghindari 9 kesalahan di atas.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading