Sukses

Lifestyle

Berbagai Cara Mengolah Terasi Sebelum Digunakan

Siapa yang tidak kenal terasi? Bahan yang satu ini sudah menjadi bahan wajib di dapur bagi Anda pecinta sambal terasi. Selain digunakan pada sambal, terasi juga lezat digunakan pada berbagai masakan lainnya.

Terasi yang dibeli umumnya tidak langsung digunakan. Langkah persiapan diperlukan sebelum bahan khas yang terbuat dari udang ini digunakan. Berikut beberapa cara persiapan terasi yang dapat Anda pilih.

    Digoreng

    Potong tipis terasi yang baru dibeli, goreng dengan minyak secukupnya hingga matang. Tiriskan dan simpan di wadah kering, atau langsung gunakan pada masakan Anda.

    Dibakar

    Tusuk terasi dengan garpu atau tusuk sate, bakar di atas kompor. Putar setiap beberapa saat agar terasi tidak gosong.

    Dikukus

    Kukus terasi dengan alat kukus yang Anda gunakan hingga matang. Terasi akan menjadi lebih lunak dan lembab, angin-anginkan sebelum disimpan dalam wadah tertutup.

    Direbus

    Hancurkan atau potong-potong terasi hingga menjadi serpihan kecil, larutkan dalam semangkuk air hingga larut sempurna, rebus larutan terasi kering. Tambahkan sedikit minyak. Terasi siap digunakan atau disimpan.

Tidak sulit untuk mempersiapkan terasi sebelum diolah. Atau Anda juga dapat memilih terasi siap pakai jika ingin lebih mudah dan praktis dalam menggunakannya.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading