Sukses

Lifestyle

Gimana Sih Cara Membuat Bawang Goreng yang Renyah dan Gurih?

Makanan seperti gado-gado, nasi goreng, dan mie goreng akan semakin lengkap jika ditaburi dengan bawang goreng. Bawang goreng memang bisa menambah cita rasa makanan. Bahkan, makanan biasa pun jadi terasa lebih sedap jika kita menambahkan bawang goreng di dalamnya. Meskipun saat ini banyak bawang goreng instan yang dijual di pasaran, akan lebih afdol rasanya jika kita membuat persediaan bawang goreng sendiri. Tapi gimana sih cara membuat bawang goreng yang renyah dan gurih?

    Jangan Gunakan Minyak Zaitun (Olive Oil)

    Dilansir dari theasiangrandmotherscookbook.com, Anda sebaiknya menggunakan minyak sayur dan bukan minyak zaitun untuk membuat bawang goreng. Minyak sayur bekas menggoreng bawang goreng pun bisa Anda gunakan kembali untuk menggoreng makanan lain dengan aroma yang lebih gurih.

    Kupas dan Potong Tipis

    Agar mendapatkan bawang goreng yang renyah, kupas dan potong bawang goreng tipis-tipis. Selain mempersingkat waktu penggorengan, bawang yang dipotong tipis-tipis juga bisa memberikan aroma yang lebih harum jika dicampurkan ke dalam masakan Anda.

    Masukkan Minyak Sedalam 3 Centimeter di Dalam Wajan atau Penggorengan

    Penggunaan minyak sayur yang cukup bisa membuat bawang goreng mudah matang merata. Cukup masukkan minyak hingga sedalam kurang lebih 3 centimeter di dalam penggorengan atau wajan Anda.

    Gunakan Api Sedang

    Api yang terlalu panas bisa membuat bawang goreng Anda cepat gosong. Penggunaan api sedang sangat disarankan karena kita jadi bisa lebih mudah untuk mengontrol tingkat kematangan bawang goreng.

    Selalu Aduk-Aduk Hingga Matang

    Ketika bawang goreng sudah dimasukkan, selalu aduk-aduk bawang goreng tersebut. Tujuannya adalah agar panas minyak goreng bisa lebih merata dan tingkat kematangan bawang goreng juga lebih bagus. Ketika warnanya sudah menjadi cokelat keemasan, segera angkat. Bawang goreng yang terlalu cokelat atau malah kehitaman hanya akan memberikan rasa pahit jika ditaburkan ke makanan Anda yang lain.

Anda bisa menyimpan bawang goreng ke dalam stoples atau wadah rapat tertutup yang sudah dialasi dengan kertas minyak atau tisu. Untuk menjaga kerenyahan bawang goreng, Anda juga bisa menyimpan stoples yang berisi bawang goreng tersebut di dalam kulkas.

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading