Sukses

Lifestyle

Inilah Cara yang Benar untuk Menyimpan Buah dan Sayur

Sudahkah Anda menyimpan buah-buahan dan sayuran Anda dengan baik? Kesegaran memang faktor utama yang menentukan apakah kandungan gizi dan mineral sayuran atau buah-buahan tersebut tetap terjaga dengan baik. Sayuran atau buah yang sudah busuk pastinya sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Pisahkan Wadah Buah dan Sayuran Anda
Dilnansir dari thekitchn.com, buah-buahan yang memiliki level etilena (zat pemasak buah) tinggi bisa membuat sayuran lain yang berada di dekatnya lebih cepat masak. Jadi, usahakan tidak mencampur buah dan sayuran Anda dalam satu wadah.

Cara Menyimpan Sayuran yang Baik
Sebelum menyimpan sayuran, lepaskan ikatan sayuran tersebut. Biasanya kalau membeli sayur, sayuran tersebut akan diikat dengan karet atau tali. Bebaskan sayuran Anda dari ikatan atau karet tersebut.

Penting juga untuk menyimpan sayuran Anda di wadah dengan sirkulasi udara yang baik. Misalnya, jika Anda menaruhnya di sebuah wadah kotak, buat lubang-lubang di kotaknya agar sayuran mendapat sirkulasi udara yang baik.


Untuk sayuran daun (leafy vegetables), sebaiknya dicuci dulu hingga bersih sebelum menyimpannya. Sementara jamur dan sayuran daun penguat rasa seperti daun mint dan daun basil sebaiknya tidak dicuci dulu, kecuali jika Anda mau mengolahnya atau memasaknya langsung.

Jika Anda mau menyimpan sayur di dalam kulkas, simpanlah dengan meletakkannya secara agak terpisah atau renggang. Semakin dekat letak sayuran antara satu dengan lainnya, semakin cepat sayuran tersebut akan membusuk.

Cara Menyimpan Buah-Buahan dengan Baik
Buah-buahan seperti alpukat, tomat, mangga, melon, apel, dan pir akan masak dengan sendirinya jika diletakkan di atas meja terbuka. Sementara buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan beri perlu dimasukkan ke dalam kulkas agar tidak mudah membusuk.

Buah pisang akan butuh perlakukan khusus. Kenapa? Buah pisang biasanya akan masak dengan sangat cepat. Buah ini juga bisa membuat buah-buahan lain yang berada di dekatnya ikut masak lebih cepat.


Tidak sulit kan untuk menyimpan buah dan sayuran dengan baik dan benar? Akan lebih baik lagi jika buah-buahan dan sayuran tersebut langsung dikonsumsi dan tidak disimpan dalam waktu yang terlalu lama.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading