Sukses

Lifestyle

Pot-in-Pot, Mendinginkan Bahan Makanan Dengan Mudah Dan Tanpa Listrik

Tidak semua orang, terutama di negara miskin memiliki lemari es untuk membuat bahan makanan tahan lama. Karena itu diperllukan inovasi untuk dapat menemukan metode mendinginkan dan membuat bahan makanan menjadi tahan lebih lama.

copyright wikia.com

Sebuah metode unik untuk menjaga sayur dan buah tetap dingin dan tahan lama tanpa listrik didesain oleh Mohammed Bah Abba dari Nigeria. Metode yang hanya membutuhkan dua pot tanah liat berbeda ukuran, tanah, dan air ini telah berhasil memenangkan kompetisi Rolex.

Video: copyright youtube.com/GlobeAware

Metode ini diberi nama Pot in Pot. Sebenarnya tekniknya sudah digunakan sejak jaman mesir kuno. Caranya sangat mudah, cukup meletekkan pot tanah liat tanpa lubang yang lebih kecil di dalam pot tanah liat yang lebih besar. Isi sela-selanya dengan tanah, lalu siram dengan air. Selain pada tanah, air juga akan menyerap ke dalam pot. Nah, setelah itu bagian dalam pot yang lebih kecil dapat digunakan untuk mendinginkan sayur dan buah segar. Tutup dengan handuk lembab agar air tidak banyak menguap.

Terdengar sederhana, tetapi setelah metode ini diuji di California yang bersuhu panas. Seperti dilansir wikia.com, pendingin alami ini dapat menurunkan suhu hingga 25 derajat pada cuaca yang panas. Pot in Pot terbukti cukup efektif dalam menjaga suhu dan juga membuat bahan makanan tahan lebih lama.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading