Sukses

Lifestyle

Memasak Dengan Microwave Akan Menghilangkan Zat Gizi di Dalam Makanan, Benarkah?

Microwave adalah alat praktis untuk memasak dan menghangatkan makanan dalam waktu singkat. Tetapi, banyak orang merasa khawatir untuk menggunakannya salah satunya karena takut zat gizi dalam makanannya hilang.

Seorang ahli gizi dari Philadelphia, Katie Cavuto, R.D., memiliki jawabannya untuk Anda, seperti dilansir womenshelathmag.com berikut ini.

Semua metode pemasakan mengurangi zat gizi

Sama seperti memasak menggunakan kompor biasa, proses pemanasan pada bahan makanan akan membuat zat gizi di dalamnya berkurang tau rusak. Beberapa zat gizi yang larut air seperti vitamin C dan vitamin B komplek sangat rentan terhadap suhu panas. Terlebih jika Anda menambahkan air pada makanan tersebut.

Waktu lebih singkat

Dibandingkan dengan menggunakan kompor, memasak menggunakan microwave membutuhkan waktu lebih sedikit. Ini membuat makanan tidak terkena panas lebih lama. Karena itu, sebenarnya menggunakan microwave menurunkan resiko kerusakan zat gizi dalam makanan.

Hati-hati zat berbahaya

Saat menggunakan microwave, pastikan tempat yang Anda gunakan untuk memasak makanan adalah wadah yang dibuat untuk microwave atau microwaveable. Penggunaan plastik biasa atau bahan yang tak cocok dimasukkan dalam microwave dapat membuat bahan kimia dalam wadah tersebut masuk ke dalam makanan Anda, ini lebih berbahaya daripada sekedar kehilangan beberapa zat gizi. Perhatikan selalu label pada wadah yang Anda gunakan. Lebih baik Anda menggunakan wadah dari kaca atau keramik untuk meminimalisir resiko ini.

 

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading