Sukses

Lifestyle

5 Tips Aman agar Dapur Bebas dari Serangan Tikus

Fimela.com, Jakarta Kadang-kadang sangat menyebalkan jika bumbu dan bahan masakan tiba-tiba tercecer ke mana-mana dan menemukan ada banyak bekas gigitan di sana. Itu semua kemungkinan dilakukan oleh salah satu hama paling menyebalkan di dapur, yaitu tikus. Ketika tikus sudah mengacak-acak dapur, bukan hanya menimbulkan rasa kesal tapi juga menjijikkan karena tikus adalah hewan pengerat yang membawa penyakit dan banyak bakteri di tubuhnya.

Tikus selalu tertarik dengan makanan dan pasti akan sangat mengganggu jika tidak segera ditanggulangi masalahnya.  Agar tidak perlu lagi berurusan dengan tikus dan dapur aman serta terjaga kebersihannya, ini sekian cara agar dapur aman dari gangguan tikus. 

 

1. Pasangan racun tikus di tempat khusus

Racun tikus mungkin menjadi salah satu solusi terbaik membasmi tikus meskipun juga menyimpan risiko besar jika kita tidak berhati-hati. Karena berhubungan dengan makanan, sebisa mungkin kita harus sangat hati-hati dalam menempatkannya di dapur, bukan hanya anggota keluarga yang terancam tapi juga hewan peliharaan di rumah. Jika ingin menggunakan racun tikus, pastikan menempatkannya pada area yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan seeprti di pojok-pojok atas lemari, plafon dapur dan pojok-pojok rak bawah bagian dalam. Dan sebisa mungkin sterilkan area dapur agar tidak dijelajahi oleh peliharaan dan anak-anak selama memasang racun tikus. Segera buang di tempat aman sisa racun tikus yang tersebar esok harinya.

2. Semprot minyak pepermint

Cara yang paling mudah untuk menghentikan serangan tikus sekaligus mengharumkan ruangan adalah sering menyemprotkan minyak pepermint di dapur. Secara mengejutkan, tikus tidak suka aroma menyengat pepermint yang segar. Semprotkan minyak peppermint di sekitar lemari, di dalamnya dan area dapur yang rentan didatangi tikus. Jika menggunakan ekstrak pepermint alami, itu cenderung aman untuk makanan, tapi jika menggunakan minyak peppermint yang sudah dicampur dengan bahan kimia seperti fungsi pengharum ruangan, kita perlu lebih hati-hati dalam menggunakannya di dekat makanan. 

3. Jaga kebersihan dapur

Menjaga kebersihan dapur adalah satu-satunya cara agar tidak ada tikus yang datang ke dapur. Buang sampah secepatnya, segera bersihkan sisa makanan, sisa bahan masakan dan tidak menumpuk terlalu banyak bahan makanan yang mengundang perhatian tikus di dapur. Pastikan juga mengunci pintu, lemari dan jendela untuk memastikan tidak ada tikus dari luar rumah yang bisa masuk.  Tikus bertahan di suatu tempat karena ada sumber makanan, jadi jika tidak ada lagi sumber makanan di sana, tikus akan berpindah tempat.

4. Menabur bubuk rempah dengan aroma kuat

Ada banyak sekali bubuk makanan beraroma kuat yang bisa mengusir tikus seperti bubuk kopi, cengkeh, bubuk bawang putih, bubuk lada hitam atau merica dan baking soda. Tikus tidak menyukai semua aroma dari bahan-bahan dapur tersebut, jadi pastikan meletakkannya di area-area rawan didatangi tikus. Namun kita juga harus hati-hati dalam menggunakannya, karena beberapa bahan beraroma kuat tersebut bisa merusak aroma dan rasa alami dari bahan makanan lain jika tercampur. 

5. Lem tikus

Kamu juga bisa menggunakan lem tikus jika itu memungkinkan, apalagi jika khawatir bahan kimia lain seperti racun tikus terlalu berbahaya dan gagal menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir mereka. Itu dia sekian tips agar dapur aman dari serangan tikus. Bisa juga mengandalkan kucing peliharaan untuk menangkap mereka meskipun terkadang kucing tidak selalu bisa diandalkan. 

Itu dia sekian tips agar dapur aman dari serangan tikus.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading