Sukses

Lifestyle

Tips Memasak Sayur Tetap Segar Dan Sehat

Sayur adalah asupan makanan yang sebaiknya dimakan dalam kondisi segar, terutama ketika masih belum dimasak. Namun tak semua orang suka dengan sayuran yang tanpa melalui proses memasak.

Nah, kali ini Vemale akan membagikan tips agar Anda bisa memasak sayur tanpa kehilangan manfaatnya. Serta, Anda tak akan merasa hambar saat memakan sayur tersebut.

Cuci Bersih Sayuran

Yang pasti Anda harus mencuci sayuran yang digunakan. Untuk jenis brokoli dan sayur daun-daunan, sebaiknya dicuci dalam air garam. Sedangkan sayur seperti tomat, wortel dan sejenisnya, bisa dicuci pada air yang mengalir.

Taburi Garam Dan Merica

Bila Anda ingin mengukus sayuran tanpa bumbu, tetap berikan garam dan pepper agar sayuran tak terasa hambar. Tak perlu lama mengukus sayuran seperti wortel, buncis atau kacang panjang, Anda butuh sekitar 5-10 menit saja.

Menumis

Bila Anda menumis sejenis kangkung, buncis, taoge dan kawan-kawannya, pastikan Anda menumis 3-4 menit, kemudian tutup sebentar sekitar 2 menit. Cara ini bisa membuat bumbu meresap, dan sayuran matang, namun tak terlalu layu. Rasanya masih renyah dan segar.

Merebus Sayuran

Sayuran dimasukkan bukan pada air yang masih dingin, namun ketika air sudah cukup panas dan mendidih. Kemudian, waktu yang Anda butuhkan untuk merebus sayur adalah yang sesingkat mungkin. Pada pembuatan sayur untuk pecel misalnya, 2-3 menit sudah cukup dan bisa ditiriskan. Sedangkan untuk jenis sayur bening, 3-4 menit atau sesuai kebutuhan dan jumlah sayur yang Anda gunakan.

Itulah beberapa tips mudah untuk memasak sayur yang sehat dan selalu fresh. Mau masak nggak cukup enak saja, tapi juga harus sehat ya, Ladies.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading