Sukses

Lifestyle

4 Siasat Sajikan Snack Sehat Untuk Keluarga

Anak-anak membutuhkan energi untuk bertumbuh dan bergerak sementara “daya tampung” mereka sangat terbatas. Jadi, snack bagi keluarga terutama keluarga muda dengan anak-anak kecil, sangatlah penting. Tentu remaja dan dewasa juga membutuhkan kudapan meski dalam jumlah yang berbeda dengan snack anak. Namun, snack yang dibuat sendiri merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan dengan kudapan buatan pabrik yang sarat zat aditif, pengawet dan bahan yang tidak natural.

Berikut ini Vemale akan berbagi tips membuat snack yang akan disukai anak, mudah dibuat serta sehat untuk seluruh keluarga

Keripik Kentang Bebas MSG

Pilih kentang tes berukuran besar lalu iris tipis menggunakan food processor atau parutan besar. Rendam dalam air yang telah diberi kapur sirih 1 sendok teh, selama 10 – 20 menit. Goreng garing semua keripik lalu tiriskan minyak. Setelah kentang dingin, tambahkan bumbu sesuai selera. Bagi anak-anak cita rasa keju dapat diperoleh dari keju parmesan, untuk dewasa cita rasa pedas bisa Anda racik dengan mencampurkan bumbu Cajun, sedikit gula, peterseli kering.

Brownies Ubi Ungu

Siapa yang tak suka makan cake potong? Brownies kini bisa dibeli di berbagai gerai yang menjualnya dalam berbagai cita rasa. Untuk lebih disukai anak-anak, cobalah mengganti sebagian dari takaran terigu dengan 100 gram ubi ungu yang telah direbus dan dihaluskan, atau bisa juga menggunakan tepung ubi ungu yang siap pakai. Kurangi sedikit takarang gula agar digantikan oleh rasa manis ubi.

Jeli Buah Segar

Gunakan 1 sachet bubuk konyaku atau 1 umbi Konyaku segar (bisa dibeli di toko yang menjual produk Jepang dan Korea, cara menggunakannya adalah dengan merebus) tambahkan gula secukupnya. Untuk memikat mata tambahkan jus stroberi segar saat konyaku sudah mulai mendidih.

Buah lain yang dapat digunakan sebagai pewarna alami: jambu merah, jeruk mandarin, semangka berdaging merah, kiwi dan masih banyak lagi. Agar vitamin buah tidak terlalu banyak berkurang, tuangkan jus saat konyaku sudah mendidih lalu aduk 1 menit, kemudian angkat. Tuangkan ke dalam loyang berbentu beruang, mobil, bunga dan bentuk-bentuk lain favorit anak.

Popcorn Aneka Rasa

Kudapan favorit berbahan jagung ini tentu mudah dibeli di bioskop atau digerai yang menjualnya dalam kemasan yang siap dimatangkan dengan microwave. Bahan yang digunakan sebagai penyedap seringkali berupa minyak trans fat yang sarat lemak jahat. Tak jarang, popcorn siap pakai juga sarat zat pewarna dan aditif sebagai pengawet. Untuk membuat anak-anak tetap dapat menikmatinya, beli saja biji popcorn siap pakai lalu gunakan minyak jagung untuk mematangkannya.

Sebagai penambah rasa sedap, kreasikan berbagai bahan yang sehat dari dapur, seperti bubuk kakao yang ditambahkan bubuk vanili dan gula halus (jumlahnya sesuai selera), bubuk keju parmesan yang ditambahkan sedikit bubuk bawang putih, cairan karamel yang dibuat sendiri atau coklat leleh beraneka rasa agar anak-anak tidak bosan.

(vem/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading