Sukses

Food

5 Tips agar Saus Lebih Meresap ke dalam Pasta Spaghetti

Fimela.com, Jakarta Spaghetti merupakan salah satu hidangan pasta yang disukai masyarakat Indonesia. Hidangan dari Italia ini memang nikmat, sayangnya, jika membuat sendiri, terkadang bumbu bolognese, carbonara, dan lainnya kurang bisa meresap ke dalam pasta walau sudah diaduk rata. Ada beberapa alasan saus kurang bisa meresap ke dalam spaghetti, untuk mengatasinya, coba sekian tips berikut ini agar saus meresap ke dalam pasta.

1. Tambahkan garam ke air rebusan

Cara pertama adalah menambahkan sedikit garam pada air rebusan pasta spaghetti. Hal ini bertujuan agar pasta tidak hambar, ketika akan dicampurkan dengan saus, paling tidak pasta sudah memiliki sedikit rasa yang merata. Tidak perlu menambahkan banyak garam, cukup 1-2 sdt garam, sesuaikan saja dengan banyaknya pasta yang direbus.

2. Tambahkan minyak zaitun

Cara kedua agar saus meresap ke dalam pasta adalah menambahkan minyak goreng atau minyak zaitun setelah merebus pasta untuk menambah rasa gurih pada pasta sehingga tidak hambar. Jika suka, kamu bisa juga menambahkan 1 sdt margarin/mentega sehingga pastanya gurih. Selain mencegah pasta saling menempel dan hambar, minyak juga akan melembutkan pasta dan memudahkan saus spaghetti tercampur rata.

3. Pastikan pastanya al dente

Pastikan pasta matang sempurna, tidak terlalu keras juga tidak terlalu lunak. Pasta yang terlalu keras membuat bumbu lebih sulit meresap, terlalu lunak juga tidak enak disantap karena putus-putus ketika diangkat dengan garpu. Setelah direbus dengan tambahan garam, tiriskan dan jangan dibilas dengan air dingin setelahnya karena suhu panas sisa merebus pada pasta ternyata membantu membuat saus meresap.

4. Masak agak lama dengan sausnya

Ketika sausnya sudah matang, masukkan pasta ke dalam saus lalu masak pasta bersama saus sehingga bisa membuat bumbu meresap ke dalam pasta. Jika kurang yakin apakah saus meresap ke dalam pasta, bisa ambil sedikit dan dirasakan. Jika tak ingin memasak saus dengan pasta langsung, pastikan menghidangkan spaghetti dalam kondisi hangat lalu mengaduknya selagi masih hangat atau panas karena suhu panas membantu bumbu meresap.

5. Beri banyak saus

Cara kelima adalah jangan pelit memberi saus pasta, mau itu saus bolognese, carbonara, pesto dan lainnya. Tentu kamu ingin menikmati pasta yang gurih, jika tidak menambahkan garam yang cukup, pastikan sausnya cukup untuk melumuri pasta sehingga tidak mengurangi kenikmatan menyantap pasta.

Itu dia sekian cara membuat saus meresap ke dalam pasta. Semoga bermanfaat dan membantumu lebih jago masak.

#Breaking Boundarie

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading