/kuliner/tips-dapur/14846-4-cara-mengempukkan-daging.html

4 Cara Mengempukkan Daging

Rabu, 19 September 2012 10:00



Courtesy ShutterStock.com

Vemale.com - Menu daging adalah salah satu menu pilihan masakan sehari-hari yang tinggi protein, zat besi dan kalsium. Menu ini, dibutuhkan oleh tubuh terutama saat masa pertumbuhan serta pemeliharaan otot-otot tubuh.

Ada beragam jenis daging yang bisa dikonsumsi, mulai daging sapi, kuda, kambing, domba, dan lain sebagainya. Umumnya, saat dimasak daging tidak langsung empuk, harus direbus dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, apabila direbus terlalu lama juga mudah hancur. Hmm, ribet juga ya.

Sebenarnya ada dua cara untuk mengempukkan daging, cara pertama tradisional dan cara kedua cara modern (instant). Agar lebih jelas, mari kita bahas satu per satu.

Cara tradisional mengempukkan daging 

Simpan dalam freezer

Cara pertama mengempukkan daging secara tradisional adalah dengan membiarkannya layu dan menyimpan di dalam freezer. Mungkin kita berpikir bahwa membuatnya beku akan menyulitkan kita saat mengolah, namun ternyata daging yang sudah disimpan di dalam freezer lebih empuk dan mudah diolah ketimbang daging segar yang baru saja dipotong.

Langkah-langkah:

  • Cuci bersih daging setelah dibeli dari pasar atau supermarket di bawah air yang mengalir.
  • Bumbui daging (tergantung menu masakan), simpan di dalam wadah tertutup rapat dan simpan di dalam freezer hingga waktu yang dibutuhkan.

Bungkus dengan daun pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengempukkan daging. Caranya mudah saja, cukup meremas-remas daun pepaya muda hingga keluar getahnya, kemudian gunakan untuk membungkus daging.

Langkah-langkah:

  • Cuci bersih daging setelah dibeli dari pasar atau supermarket di bawah air yang mengalir.
  • Bumbui daging (tergantung menu masakan)
  • Bungkus dengan daun pepaya muda yang sudah diremas-remas, kemudian diamkan setidaknya 60 menit sebelum diolah menjadi masakan.
  • Apabila daging sudah dibumbui, maka proses ini sekaligus membantu peresapan bumbu.

Manfaatkan parutan nanas

Dulu sih kulit nanas yang dimanfaatkan untuk mengempukkan daging. Namun apabila Anda ragu akan kehigienisannya, maka Anda bisa menggunakan parutan nanas muda.

Nanas mengandung enzim bromelin, yang cara kerjanya sama dengan enzim papain. Enzim bromelin ini dapat menguraikan serat-serat daging sehingga menjadi lebih empuk saat diolah.

Langkah-langkah:

  • Cuci bersih daging setelah dibeli dari pasar atau supermarket di bawah air yang mengalir.
  • Lumuri sambil remas-remas daging dengan nanas yang sudah diblender. Diamkan minimal 30 menit sebelum dimasak.

Cara modern mengempukkan daging

Pakai bumbu instant

Saat ini sudah ada bumbu instant yang fungsinya untuk mengempukkan daging. Bumbu ini umumnya mengandung enzim papain atau bromelin, dan dikemas dalam bentuk powder.

Cara menggunakannya mudah, setelah daging dicuci bersih, daging cukup ditaburi dan diremas-remas dengan bumbu. Cukup didiamkan selama beberapa saat, maka daging akan jauh lebih empuk.

Langkah-langkah:

  • Cuci bersih daging setelah dibeli dari pasar atau supermarket di bawah air yang mengalir.
  • Taburi daging dengan bumbu sambil diremas-remas. Tidak usah terlalu banyak, baca aturan pemakaian.

Pada dasarnya semua cara di atas sama-sama dapat membantu mengempukkan daging, tinggal mana cara yang paling praktis dan nyaman menurut Anda saja :) Selamat mencoba. (vem/bee)

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----






ARTIKEL TERKAIT - TIPS DAPUR
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Sagitarius

22 Desember - 28 Desemebr
Anda mungkin tidak akan menjalani hari yang baik di awal minggu...