Sukses

Lifestyle

Pilih Talenan Kayu Atau Plastik?

Ada kalanya kita bingung menentukan mana yang lebih baik, memakai talenan kayu atau plastik? Sebagai alas memotong berbagai bahan makanan, selain praktis dan mudah digunakan, sebuah talenan harus memenuhi syarat kebersihan. Dengan fungsinya memotong berbagai bahan makanan baik mentah maupun matang, talenan adalah media yang subur untuk menumbuhkan bakteri maupun jamur. Anda tentu tak ingin makanan bercampur dengan dua hal tak diinginkan tersebut.

Ada anggapan yang berkembang bahwa talenan yang terbuat dari plastik lebih higienis karena ringan dan mudah dicuci. Nyatanya sebuah penelitian seperti dilansir Readers Digest menyebutkan bahwa penelitian pada tahun 1994 menunjukkan bahwa talenan yang terbuat dari kayu justru lebih sedikit terkontaminasi bakteri dibandingkan talenan plastik. Apapun pilihan talenan Anda, sebenarnya kebersihan talenan dipengaruhi dari proses mencucinya.

Sebaiknya Anda Memiliki 3 Talenan

Jumlah talenan yang baik adalah tiga buah. Jumlah tersebut disesuaikan dengan fungsi masing-masing.

1. Talenan untuk memotong daging, ayam, dan ikan/seafood. Makanan yang berasal dari hewan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi saat mencucinya. Sisa darah dan daging yang mentah harus hilang dari talenan dengan cara mencucinya dengan air panas dan menggunakan sabun pencuci piring anti bakteri.

2. Talenan untuk memotong sayuran. Talenan ini biasanya hanya dicuci dengan siraman air, dengan alasan 'tidak kotor'. Padahal sayur mayur juga membawa banyak kotoran, mulai dari tanah dan pestisida. Pastikan Anda mencuci talenan ini dengan baik sekalipun tanpa air panas seperti talenan pada poin pertama.

3. Talenan untuk memotong makanan matang. Sudah jelas talenan ini cenderung lebih aman dari bakteri dan jamur dibandingkan talenan di atas. Tapi tentu saja, Anda harus mencucinya sampai bersih setelah dipakai. Bahan makanan matang juga berpotensi menumbuhkan jamur bisa ada sisa makanan yang menempel di talenan.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    Loading