Sukses

Lifestyle

Membersihkan Sisik Ikan yang Keras, Ini Cara Praktisnya!

Mengolah ikan selalu jadi tantangan tersendiri. Proses membersihkan dan mempersiapkan ikan untuk dimasak sudah menghabiskan waktu sendiri. Apalagi jika sisik ikannya keras, kadang sudah bad mood duluan sebelum memasak.

Tapi tahu nggak kalau ada cara praktis membersihkan sisik ikan yang keras? Selain menyiapkan pisau yang tajam, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar lebih mudah membersihkan sisik ikan. Berikut tips yang bisa langsung diikuti.

    Gunakan Talenan Kayu

    Talenan jadi barang wajib untuk bisa memudahkanmu membersihkan sisik ikan. Pilih talenan kayu agar ikan tidak gampang berubah posisi saat dibersihkan.

    Rendam di Air Panas

    Siapkan air panas yang diberi air perasan jeruk nipis secukupnya. Rendam ikan yang akan dibersihkan selama sekitar 3 menit (bisa disesuaikan). Dengan begini, sisik ikan akan lebih lunak. Tapi hati-hati ya jangan sampai dagingnya ikut hancur saat sisiknya dibersihkan.

    Arahkan Mata Pisau Agak Miring

    Biar lebih mudah membersihkan sisik ikan, saat tangan kanan memegang pisau, tangan kiri memegang bagian perut ikan. Kemudian posisikan pisau di bagian bawah kepala ikan. Arahkan mata pisau agak miring, baru tekan perlahan ke bagian perut hingga ekor.

Membersihkan sisik ikan yang keras memang butuh kesabaran ekstra. Selain dibersihkan sisiknya, ikan juga perlu dibersihkan bagian isi (jeroannya) ya tapi hati-hati jangan sampai kantung empedunya pecah.

Jadi, kapan mau mulai masak ikan nih? Semoga tips di atas bisa membantumu, ya.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading