Sukses

Lifestyle

Tips Bersihkan Spons & Bak Cuci Piring Agar Bebas Sarang Penyakit

Jika kamu masuk dapur, kamu mungkin berpikir bahwa bak cuci piring dan tempat sabun adalah bagian paling bersih. Nyatanya, justru spons sabun dan bak cuci piring adalah bagian terkotor dari dapur lho, menurut ahli mikrobiologis University of Arizona, Kelly A. Reynolds, PhD.

Bagaimana bisa? Menurut Dr. Kelly, kemungkinan ada jutaan bakteri pathogen yang bersarang di area bak cuci piring, lubang pembuangan air dan spons pembersih. Ketika kamu mencuci bahan makanan dari kotoran dan bakteri, semua itu dapat tertinggal di area bak cuci piring sehingga bisa menjadi sarang penyakit.

Jika tak dibersihkan, tak menutup kemungkinan kamu bia terserang penyakit. Ini cara membersihkan yang disarankan Dr. Kelly Reynolds.

  1. Bersihkan langsung bak cuci piring dan lubang saluran air setelah mencuci ikan, daging, sayur, buah dan apa pun bahan makanan lainnya.
  2. Semprot sabun disinfektan dan gosok dengan sikat hingga bersih. Bilas. 
  3. Jika tak punya sabun disinfektan, kamu bisa menuang bak cuci piring dengan air panas. Cara ini juga bisa membantu membunuh bakteri. 
  4. Selagi masih hangat, gosok dengan sabun dan bilas bersih. Jangan lupakan bagian kran yang juga sering kamu pegang. 
  5. Setelah itu, bilas sabun dan rendam spon dalam air panas. Setelah 5 menit, peras airnya hingga kering. Jangan meninggalkan spons dalam genangan sabun bekas cuci piring.

Keringkan dengan lap kering pada bagian kran. Lakukan sekali sehari untuk menjaga kebersihan. Dengan begini, kamu bisa menjauhkan keluarga dari serangan penyakit.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading