Sukses

Lifestyle

Rose Turkish Delight

Vemale.com- Kudapan manis dan kenyal selalu bisa mencerahkan suasana berbuka dan sahur. Turkish Delight dengan aroma mawar yang wangi, rasa yang manis dan aneka warna yang menarik akan menggugah selera setiap orang yang melihatnya. Sajikan dalam acara berbuka bersama, arisan keluarga atau saat Lebaran nanti.

Bahan:

500 gram gula pasir 1 liter air 2 sdt perasan air jeruk 200 gram tepung maizena 1 sdt cream of tartar 1 sdt esens mawar atau rosewater pewarna makanan secukupnya gula bubuk untuk pelapis

Alat tambahan: termometer masak (suhu di atas 100oC)

Cara Membuat:

Siapkan cetakan 22 x 22 cm, lapisi dengan aluminium foil agar mudah mengangkatnya.

Campurkan gula, 350 ml air dan perasan air jeruk di dalam panci, kemudian didihkan sambil diaduk sesekali. Gunakan kuas masak untuk mencegah gula mengkristal di pinggir panci. Ketika mendidih, ukur suhunya dengan termometer masak. Terus didihkan hingga mencapai suhu sekitar 115oC.

Sementara itu, gabungkan tepung maizena, cream of tartar dan sisa 650 ml air di panci yang lain. Aduk-aduk dengan pengocok telur untuk menghindari gumpalan. Panaskan dengan api medium sambil terus diaduk hingga sangat kental.

Saat campuran gula sudah mencapai suhu 115oC, angkat dari kompor. Sedikit demi sedikit tuangkan ke dalam adonan tepung maizena sambil terus diaduk. Didihkan kembali sambil terus diaduk selama kurang lebih 1 jam. Adonan akan sangat kental dan menjadi berwarna pucat. Setelah sekitar 1 jam, angkat dari kompor dan masukkan esens mawar.

Tuang adonan ke dalam cetakan dan biarkan dingin selama semalaman di suhu ruang (bukan di kulkas). Ketika sudah dingin, taburi dengan gula bubuk agar tidak lengket. Kemudian potong-potong sesuai selera. Gulingkan lagi di gula bubuk atau tepung maizena agar tidak lengket selama disimpan.

(vem/miw)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading