Sukses

Lifestyle

Menu Buka Puasa: Ayam Goreng Saus Pedas Ala Korea (Yangnyeom)

Anda penggemar ayam goreng? Atau ingin membuat menu buka puasa yang lebih istimewa dari biasanya? Yuk, coba bikin ayam goreng saus pedas ala Korea atau yangnyeom super lezat ini. Dari tampilannya saja sudah menggoda selera, hmm... membayangkan rasanya pun sudah bikin lapar. Sambil menunggu bedug maghrib, yuk bikin hidangan lezat ini.

Untuk Ayam Goreng
900 gram daging ayam
1 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt jahe parut
140 gram tepung kentang atau tepung maizena
minyak untuk menggoreng

Untuk Bahan Saus
2 sdm bawang bombay cincang
1 sdm bawang putih cincang
1 sdt jahe parut
1 sdm kecap manis
2-3 sdm saus sambal super pedas
4 sdm saus sambal biasa
2 sdm gochujang (pasta cabai ala Korea)
2 sdm madu
1 sdm gula
1 sdt minyak wijen
1 sdm minyak sayur

Untuk Garnish
1/2 sdt biji wijen

Foto: copyright koreanbapsang.com

Cara Membuat
1. Cuci daging ayam hingga bersih. Campur dengan garam, lada bubuk, dan jahe parut. Rendam dan diamkan selama 20-30 menit hingga bumbu meresap.
2. Untuk membuat saus, panaskan saucepan dengan api sedang. Masukkan minyak sayur, bawang bombay cincang, bawang putih cincang, dan jahe parut. Tumis hingga mengeluarkan bau harum. Tambahkan semua bahan untuk saus. Aduk perlahan hingga mengental sekitar 4-5 menit. Matikan api.
3. Baluri daging ayam dengan tepung kentang atau tepung maizena. Lalu goreng hingga berwarna cokelat keemasan.
4. Agar lebih krispi, goreng kembali daging ayam hingga matang sempurna. Setelah itu, panaskan kembali saus dengan api sedang. Masukkan ayam goreng dan aduk rata. Taburi dengan biji wijen dan ayam goreng siap dihidangkan.

Anda bisa menyesuaikan rasa pedas dan manisnya sesuai selera. Kalau ingin menikmati menu buka puasa ini dengan rasa manis yang lebih dominan, Anda bisa lebih banyak menambahkan kecap dan madu. Kalau mau super pedas, Anda bisa tambahkan pasta cabai atau saus sambal. Untuk pasta cabai (gochujang), Anda harus lebih hati-hati memilih, ya Ladies. Ada produk gochujang yang tidak halal karena dalam komposisinya ada tambahan alkohol. Kalau mau lebih aman, Anda bisa mengganti gochujang dengan jenis saus cabai lain yang sudah terjamin kehalalannya.



 
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading