Sukses

Lifestyle

Resep Sahur Praktis: Sambal Goreng Tempe Sederhana


Tak terasa, sudah lebih dari 10 hari umat muslim menjalankan ibadah puasa ramadan. Sampai hari ini, apakah Anda sering kesulitan menentukan makanan yang praktis untuk santap sahur? Jika biasanya Anda sahur dengan menu berupa daging atau ayam, kali ini, marilah kita mencoba menu sederhana namun juga memiliki protein tinggi seperti daging ataupun ayam. Menu sederhana tersebut adalah tempe.

Ya, karena terbuat dari bahan utama kedelai, tempe dikatakan sebagai makanan yang tinggi protein namun lebih sehat jika dibandingkan dengan daging ataupun ayam. Kali ini, Vemale akan memberikan satu resep sahur praktis berasal dari olahan tempe. Dan resep tersebut adalah sambal goreng tempe. Untuk bahan dan cara membuat, simak ulasannya di bawah ini ya...

Bahan

  • 500 gram tempe (iris dadu tipis)
  • 5 siung bawang merah (haluskan)
  • 3 siung bawang putih (haluskan)
  • 7 buah cabai rawit (iris serong tipis)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya) 
  • Kecap manis (1 sdm)
  • 1 sdm margarin


Cara Membuat

  1. Panaskan minyak di dalam sebuah wajah menggunakan api sedang.
  2. Goreng tempe hingga berwarna cokelat keemasan dan baunya harum. Angkat tempe lalu tiriskan (sisihkan terlebih dahulu).
  3. Ambil minyak dari wajan sisa menggoreng tempe lalu sisihkan di wadah tersendiri. 
  4. Panaskan kembali wajan, masukkan margarin. 
  5. Jika margarin sudah leleh, masukkan bawang putih dan bawang merah. Tumis hingga aromanya harum. Jangan lupa memasukkan cabai rawit lalu tambahkan sedikit garam serta gula, tumis hingga setengah matang dan aromanya harum.
  6. Masukkan tempe yang telah digoreng ke dalam bumbu lalu aduk hingga bumbu meresap rata ke dalam tempe. Tambahkan kecap dan masak kira-kira 5 menit hingga semua bahan matang dengan sempurna lalu angkat dari wajan. 
  7. Sambal goreng tempe sederhana sudah matang dan siap disajikan untuk keluarga tercinta.


Itulah resep sahur praktis dari tempe. Gimana sangat mudah bukan? Sebagai catatan, cabai untuk bumbu bisa disesuaikan dengan selera Anda semua. Bagi yang sangat suka pedas, boleh menambahkan cabai, tapi bagi yang tidak suka pedas, 1 atau 2 cabai sudah cukup untuk membuat sambal goreng tempe sederhana yang enak.

Resep ini akan sangat enak jika disantap bersama nasi hangat, tumis kangkung dan juga kerupuk. Semoga resep ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. :)

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading