Sukses

Lifestyle

Resep Perad Si Keju Jambu Merah ala India

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Tentunya Anda sudah biasa memakan keju yang diolah dari fermentasi susu segar. Apa jadinya bila buah jambu merah yang biasanya kita makan langsung atau sebagai minuman jus kemudian diolah menjadi keju? Hmm, di India, ada menu dessert olahan dari buah jambu merah (Guava Cheese), Perad namanya.

Perad sangat populer di Goa, India. Makanan ini dibawa oleh Portugis. Di Amerika, Perad dikenal dengan beda nama yaitu Pasta Jambu Merah (Guava Paste/Pasta de guayaba/Guayabate). Makanan ini memiliki tekstur seperti fudge (permen dari Barat) dan dapat digunakan sebagai taburan di roti panggang, bisa dijadikan sebagai makanan penutup atau digunakan untuk isian dalam kue dan pastries. Dilansir dari Simpleindianrecipes.com, berikut Vemale.com sajikan cara membuat Perad,

Bahan:

  • Satu kilogram buah Jambu
  • 750 gram gula pasir
  • Satu sendok makan air perasan jeruk nipis
  • Satu sendok makan ghee/butter/mentega

Cara memasak:

  1. Ambil beberapa jambu biji segar, bersihkan dan kupas kulit dan bersihkan biji hitamnya. Potonglah ukuran besar.
  2. Rebus potongan jambu dengan sedikit air dan aduk sampai halus seperti bubur. Merebusnya itu pilihan hanya saja dapat mudah tercampur.
  3. Saringlah adonan tersebut dengan saringan atau kain muslin untuk menyingkirkan semua biji. Prosesnya cukup memakan waktu lama, justru bagian ini cukup penting .
  4. Ambil adonan yang telah halus, pindahkan ke wajan (pan) datar dan panaskan. Aduk terus untuk mencegah bagian bawah gosong.
  5. Ketika sebagian besar adonan mulai menguap lembab, tambahkan gula dan terus diaduk.
  6. Perlahan warna mulai matang atau semakin gelap dan campuran mulai menebal. Tambahkan air jeruk nipis dan mentega, kemudian aduk terus sampai tercampur semua bahan. Mentega memberikan kesan kemilau dan jeruk nipis membantu terbentuknya tekstur keju.
  7. Anda dapat memindahkan dan menyimpan ketika campuran masih kental (seperti tekstur selai). Itu dapat digunakan sebagai taburan di roti panggang untuk sarapan.
  8. Jika tidak, terus masak sampai adonan tercampur sampai mengental seperti tidak menempel di tepi panci/wajan datar.
  9. Oleskan adonan yang sudah jadi ke dalam piring atau nampan dengan tambahkan sedikit minyak dan biarkan campuran terbentuk secara merata .
  10. Biarkan dingin dan diamkan beberapa jam sebelum Anda mengiris keju jambu merah yang telah mengeras dan nikmati. Anda dapat memotong keju jambu dengan bentuk kotak-kotak atau berlian atau bentuk lainnya.

Mudah membuatnya, 'kan? Anda penasaran bagaimana rasanya? Anda dapat mencoba membuat Keju Jambu Merah di akhir pekan dan menikmati bersama keluarga tercinta.

 

(vem/nip)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading