Sukses

Lifestyle

Menu Pesta Non-Beras yang Menggugah Selera

Menjelang akhir tahun, banyak sukacita dan pesta. Namun pesta tak perlu diikuti dengan rasa bersalah karena Anda melanggar "Janji Diet" Anda untuk menjaga berat badan.

Inspirasi menu pesta berikut ini memandu Anda untuk memilih hanya hidangan yang bebas dari "rasa bersalah". Tentu saja dari bahan pangan yang sarat vitamin dan zat gizi, non-beras.

Silahkan pilih salah satu dari setiap gagasan menu lengkap berikut ini. Misalnya, Anda dapat memilih Menu Pembuka, Sup Jagung Manis yang dipadu Steak Daging Saus Jeruk sebagai Menu Utama, dan Mangkok Singkong Isi Buah sebagai Penutup.

(vem/aik)

Menu Pembuka: Sup, Salad dan Camilan

Sup Jagung Manis.

Jagung manis akan membuat hidangan pembuka pesta terasa ringan namun manis.
Bahan: jagung rebus (sisir lalu blender dengan sedikit air), baso sapi iris tipis, wortel, daun bawang, bawang putih, kaldu, garam, lada, tepung sagu.
Cara membuat: Tumis bawang putih, masukkan tepug sagu masak hingga mengental lalu tambahkan kaldu. Masukkan wortel, masak hingga matang. Lalu tuang adonan jagung, bakso, dengan tambahan garam dan lada, masak hingga mendidih. Sajikan hangat  bersama roti gandum.

Salad Buah Sayur Siram Mayones Madu.

Siraman madu di atas irisan buah dan sayur akan menjadi hidangan pembukan yang membuka selera.
Bahan: nanas, mangga, tomat, selada, apel, jeruk. Bahan Saus: mayones, madu, jeruk lemon.
Cara membuat: untuk saus canpur semua bahan lalu simpan dalam lemari es. Campur semua bahan salad aduk hingga rata bersama saus yang sudah dididingkan. Siap dihidangkan.

Tuna Apel Mini.

Bahan: mayones, apel potong dadu, seledri, bawang bombay (iris lembut), telur rebus (iris kecil-kecil), jus lemon, garam, lada, tuna kaleng, biskuit, keju parut.
Cara membuat: campur semua bahan kecuali biskut dan keju hingga merata. Letakkan di atas biskut lalu taburi dengan keju. Oven hingga keju meleleh, sajikan.

Udang Bola Roti.

Bahan: udang (kupas dan cincang halus), daun bawang, wortel parut, tepung maizena, garam, merica, putih telur, roti tawar gandum (potong dadu).
Cara membuat: campur semua bahan kecuali potongan roti gandum. Ambil satu sendok makan adonan bentuk bola-bolakecil kemudian gulingkan ke dalam potongan roti gandum hingga bola tertup roti. Goreng hinga kuning kecokelatan. Sajikan dengan saus sambal.

Menu Utama: Steak, Pecel dan Nasi Bakar

Steak Daging Saus Jeruk.

Bahan: daging sapi tanpa lemak, garam, merica, minyak sayur, jeruk  ambil airnya,tepung maizena, kentang kukus, brokoli kukus.
Cara membuat: Lumuri daging dengan minyak sayur, garam dan merica. Masak hingga matang, sisihkan. Buat saus: masak air jeruk bersama sedikit gula dan tambahkan larutan maizena masak hingga mengental. Siramkan saus di atas daging, sajikan panas disertai kentang dan brokoli kukus.

Pecel Bumbu Ubi.

Bahan: bayam merah, selada, kangkung, tauge, kol dan mentimun. Bumbu dihaluskan: kacang tanah goreng, ubi merah/kuning rebus, cabai, gula merah, asam jawa, dan garam.
Cara membuat: Rebus semua sayuran kecuali mentimun, lalu siram dengan bumbu halus yang sudah dicairkan dengan air panas. Sajikan.

Nasi Merah Bakar Isi Teri.

Bahan: nasi merah, teri medan, kemangi, cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, garam.
Cara membuat: Tumis semua bumbu bersama nasi merah dan teri medan. Bungkus dengan daun pisang berbentuk seperti lemper lalu panggang hingga mengeluarkan aroma sedap. Sajikan hangat.

Udang Asam Belimbing Wuluh.

Bahan: udang, blimbing wuluh, bawang bombay, bawang putih, cabe, saus tomat, garam.
Cara membuat: tumis bawang putih dan bawang bombay, tambahkan sedikit air, masukkan belimbing wuluh, udah dan saus tomat. Tambahkan garam 1 sendok teh. Didihkan, hingga masak. Siap dihidangkan hangat.

Menu Penutup: Puding dan Es

Puding Buah Warna-warni.

Beragam buah dengan aneka warnanya akan membuat hidangan ini terasa sangat sehat dan berwarna.
Bahan: agar-agar putih, strawberry, anggur, nanas, leci, jeruk, gula pasir, vanilla bubuk.
Cara membuat: Masukkan agar-agar bubuk, gula pasir, dan vanila ke dalam air, masak hingga menddidih. Lalu tuangkan setengah adonan ke dalam loyang, susun semua potongan buah di atasnya lalu siram dengan sisa adonan agar yang tersisa. Dinginkan ke dalam lemari pendingin dan siap disajikan.

Mangkok Singkong Isi Buah.

Bahan: Singsong serut, margarin, gula merah sisir, susu cair,  apel, melon, stroberi.
Cara membuat: Kocok margarin dan gula merah, lalu campur singkong serut. Masukkan ke dalam loyang kue muffin hingga setengah tinggi dan buat seperti mangkuk. Tambahkan adonan singkong lalu kukus. Keluarkan dari cetakan, isi dengan potongan buah lalu beri siraman susu cair.  

Es Buah Cincau.

Bahan: cincau serut, leci, mangga, anggur, sirup pandan, susu cair, es batu.
Cara membuat: susun cincau dan semua buah di dalam gelas saji, lalu siram dengan sirup tambahkan air dan es batu lalu siram dengan susu cair. Menyegarkan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading