Sukses

Lifestyle

Italian Almond Cookie, Healthy Snack for Wedding Party

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Ketika menghadiri sebuah pesta pernikahan, salah satu yang menarik perhatian adalah makanan yang disajikan.

Biasanya makanan-makanan yang disajikan di pesta pernikahan identik dengan makanan yang enak-enak dan tinggi kalori. Apalagi kalau hidangannya disajikan dalam bentuk prasmanan sampai terkadang tidak bisa mengontrol nafsu makan kita.

Sebenarnya tidak semua makanan yang disajikan di pesta pernikahan itu tergolong kurang sehat dari segi gizi dan cara pengolahannya. Banyak juga pilihan makanan sehat yang dapat kita konsumsi di suatu acara pesta pernikahan. Jika anda menghadiri pesta pernikahan, mungkin tips-tips berikut dapat dicoba untuk mengendalikan jumlah kalori yang masuk, yaitu:

Tidak merngubah pola makan sehat yang sedang anda jalani. Tetaplah makan dengan pola dan menu yang sedang anda jalani sehari-hari, sehingga anda tidak akan merasa kelaparan ketika berada di pesta tersebut. Makan di pesta hanyalah mengganti salah satu jam makan anda.

Jangan menunda jam makan anda dengan alasan ingin makan lebih banyak pada saat pesta. Karena hal tersebut hanya menyebabkan pencernaan menjadi terganggu dan asupan kalori menjadi berlebihan.

Ketika anda berada di pesta, pilihlah jenis makanan sehat yang anda sukai tapi tetap mengontrol jumlah dan jenisnya. Beberapa jenis makanan bisa saling menggantikan jadi tidak perlu mengambil keduanya, misalnya nasi dan mie. Pilihlah salah satunya atau jika ingin mengkombinasikan, ambillah dalam jumlah yang lebih sedikit.

Jika anda ingin memilih makanan pembuka (appetizer), pilihlah yang rendah kalori seperti salad buah atau sayur dengan topping secukupnya. Sup sayuran cair juga bisa merupakan pilihan appetizer yang rendah kalori. Tetap perhatikan jumlahnya.

Hindari makanan yang diproses dengan cara digoreng atau banyak menggunakan minyak.

Finger food seperti kue dan cemilan lain yang ukurannya kecil harus dikontrol jumlahnya karena mengandung kalori yang cukup besar.

Hindari alkohol dan minuman berkarbonasi, pilih air putih atau jus buah dengan jumlah tertentu.

Jangan lupakan buah segar yang biasanya disajikan sebagai dessert.

Bersosialisasi dengan undangan lain dapat mencegah kita untuk makan terlalu banyak.

Selanjutnya sedikit cerita tentang menu sehat kita kali ini. Bila anda pernah menghadiri suatu pesta pernikahan di Italia, Yunani atau Timur Tengah, anda mungkin pernah melihat suatu penganan berupa kacang almond yang dibalut dengan gula berwarna-warni.

Penganan ini disebut Jordan almond dan sering ditemui pada pesta-pesta pernikahan di negara-negara tersebut sebagai wedding favors (hadiah yang diberikan kepada undangan). Di Italia disebut Italian Confetti, sedangkan di Yunani disebut koufeta.

Makna di balik Jordan Almond ini diambil dari almond segar yang memiliki rasa yang pahit yang dianggap mewakili "kehidupan" sedangkan rasa manis gula melambangkan suatu pernikahan yang akan membuat kehidupan menjadi lebih manis.

Di Italia, Italian Confetti biasanya dibungkus dalam kantong atau kotak kecil yang bertuliskan nama pengantin dan tanggal pernikahan. Kantong atau kotak kecil ini berisi 5 buah Italian Confetti yang masing-masing almond melambangkan 5 harapan untuk pengantin baru yaitu good health, prosperity, happiness, longevity, and fertility.

Dalam mitologi Yunani, almond itu sendiri melambangkan cinta abadi. Pada zaman dahulu di pesta pernikahan di Italia, pengantin juga mempunyai tradisi memberikan sepotong kue pengantin kepada para tamu untuk disisipkan ke bawah bantal sebelum tidur, sehingga menurut ceritanya mereka dapat bermimpi tentang pasangan masa depan mereka. Tapi tradisi ini tidak dilakukan lagi karena tidak mungkin lagi menyisipkan kue pengantin ke bawah bantal karena bisa mengotori tempat tidur.

Resep sehat kali ini menggunakan almond dan manisan buah yang masih melambangkan pahit dan manisnya kehidupan. Manfaat kacang almond buat kesehatan tentunya anda sudah sering membacanya. Sedikit cerita tentang kukis almond ini, menurut legenda pada awal tahun 1700-an seorang uskup Milan membuat kunjungan mendadak ke kota Saronno di Lombardy. Salah satu pasangan muda menyambutnya dengan membuat kukis buatan mereka yang unik yang terbuat dari buah aprikot, almond, putih telur dan gula.

Uskup tersebut sangat menyukai kukis tersebut dan memberkahi pasangan tersebut. Di kemudian hari resep ini menjadi favorit. Kukis ini dikenal dengan sebutan Italian Almond Cookie atau disebut juga Amaretti di Saronno dan populer di komunitas Italia di seluruh dunia. Kukis ini mudah dibuat dan memiliki tekstur gabungan antara renyah dan lembut.

Untuk 15 keping

Bahan

2 butir putih telur

120 g almond

50 g palm sugar

1/8 sdt garam

1/8 sdt vanilla

5 buah Cherry merah untuk hiasan

Cara membuat

  1. Campur almond dan sebagian palm sugar. Haluskan dengan blender kering. Sisihkan.
  2. Campur putih telur dan garam kemudian mixer dengan kecepatan tinggi sampai kaku.
  3. Matikan mixer. Tambahkan sisa palm sugar. Mixer lagi dengan kecepatan tinggi sampai tercampur rata.
  4. Turunkan kecepatan mixer menjadi rendah. Masukkan sedikit demi sedikit campuran almond dan palm sugar. Mixer sampai rata.
  5. Masukkan dalam plastik segitiga. Gunting ujung plastik. Semprotkan pada loyang oven yang sudah diolesi tipis dengan minyak. Semprotkan hingga membentuk lingkaran dengan diameter sekitar 3 cm. Lakukan sampai adonan habis.
  6. Potong cherry merah menjadi 3 bagian. Tempelkan 1 bagian potongan cherry merah di atas 1 buah kukis. Panggang dengan oven suhu 180oC selama sekitar 20-25 menit. Angkat dan dinginkan suhu ruangan. Pindahkan dari loyang oven dengan hati-hati.
  7. Sajikan.

Nilai gizi per keping

Energi: 63 kkal

Lemak: 4 g

Karbohidrat: 4,5 g

Serat: 1 g

Protein: 2.3 g

Tips dan saran

  1. Kandungan lemak sebanyak 4 g dalam per keping kukis ini merupakan lemak baik yang berasal dari almond.
  2. Meskipun almond termasuk kategori makanan sehat akan tetapi tetaplah untuk mengontrol asupannya. Jumlah konsumsi almond harian yang direkomendasikan yaitu sebanyak 15-20 g (mengandung sekitar 9 g lemak, 4 g karbohidrat, 4 g protein). Dua keping kukis ini dapat memberikan nilai nutrisi sebanyak 8 g lemak, 9 g karbohidrat, dan 5 g protein.

BACA JUGA : Black Onigiri

[initial]

(vem/df/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading