Sukses

Lifestyle

10 Resep Variasi Olahan Labu Kuning

Di Eropa Labu Kuning (Labu Parang) atau pumpkin tidak hanya dikenal sebagai salah satu bahan makanan namun menjadi icon atau simbol perayaan Halloweenyang diperingati setiap tanggal 31 Oktober.

Halloweenadalah perayaan akhir musim panen dan merayakan kedatangan musim gugur. Labu kuning melambangkan salah satu hasil panen dan orang-orangan sawah sebagai penjaga hasil panen. Sebagai bahan makanan, labu kuning adalah sumber beta carotene yang kaya antioksidan yang dapat mencegah kanker dan penuaan dini.

Selain itu juga kaya serat dan vitamin A dan C. Di beberapa negara punya tradisi sendiri dalam mengolah labu untuk perayaan Halloween, berikut di antaranya Vemale pilihkan untuk kamu.

(vem/aik)

Roasted Pumpkin Soup

Bahan: Labu kuning, bawang merah, jamur shitake, bawang putih, minyak zaitun, garam, lada, air kaldu.

Cara membuat:  Campur irisan bawang merah, bawang putih, dan jamur dengan minyak zaitun. Susun potongan labu kuning bersama sayuran ke dalam pinggan lalu panggang hingga empuk. Blender labu kuning panggang bersama air kaldu sampai halus. Panaskan adonan pure labu hingga mendidih, bumbui dengan garam dan merica. Siap disantap, tutup agar tetap hangat.

Pumpkin Pudding

Bahan: Labu kuning kukus lalu diblender, agar-agar warna putih, susu kedelai, gula pasir, sedikit garam.

Cara membuat: Masak labu kuning bersama agar-agar dan susu kedelai hingga mendidih. Tuang ke dalam cetakan, dinginkan dan siap dihidangkan.

Pumpkin Cupcake

Bahan: Labu kuning kukus, susu cair, mntga, gula, kuning telur, tepung terigu, tepung maizena dan baking powder.

Cara membuat: Blender labu kuning bersama susu cair. Kocok mentega, gula pasir hingga lembut lalu masukkan adonan labu kuning. Tambahkan kuning telur kocok hingga rata. Masukkan tepung secara perlahan sedikit demi sedikit. Tuang cetakan cupcake lalu oven hingga matang.

Pumpkin Chicken Soup

Bahan: daging ayam, labu kuning potong-potong dadu, daun bawang, bawang putih, dan garam secukupnya.

Cara membuat: Rebus ayam bersama bawang putih dan garam hingga lunak. Lalu tambahkan potongan labu kuning biarkan sampai empuk. Siap dihidangkan selagi hangat.

Pumpkin Cake

Bahan: pure labu, palm sugar, butter, telur, terigu, dan baking powder.

Cara membuat: Campur pure labu bersama palm sugar, butter dan telur hingga rata. Tambahkan sedikit demi sedikit bahan kering dalam campuran labu tadi yang terdiri dari tepung terigu, baking powder dan sedikit garam. Kemudian masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan taburan tepung. Panggang hingga matang skitar 1 jam.

Pumpkin Lasagna

Bahan: pasta lasagna kering, labu kuning (kukus sampai empuk), zucchini, keju, telur, saus tomat, daun peterseli, dan daun oregano diiris.

Cara membuat: Masak saus tomat, daun oregano dan peterseli hingga mengental. Campur keju dan telur. Siapkan pinggan tahan panas olesi minyak diatasnya lalu olesi dasar pinggan dengan adonan saus tomat, tutup dengan lembaran lasagna, tata labu kuning dengan zucchini di atasnya, tutup lagi dengan saus tomat, begitu seterusnya sampai semua bahan habis. 

Kemudian beri adonan keju di atasnya dan ratakan. Panggang dalam oven, tutup lagsana dengan aluminium foil agar kejunya tidak gosong. Angkat dan siap disajikan.

Pumpkin Pie

Bahan kulit: biskuit tawar, mentega, putih telur, oatmeal, brown sugar, garam.

Bahan Isi: labu kuning kukus yang dihaluskan, putih telur, kayu manis, susu bubuk, vanili, brown sugar.

Cara membuat kulit: Blender biskuit dan oatmeal lalu campurkan mentega, putih telurm brown sugar dan garam hingga merata. Masukkan ke dalam loyang pai, tusuk permukaannya dengan garpu lalu panggang hingga setengah matang.

Isi: Camput semua bahan kocok hingga merata. Penyelesaian: Masukkan adonan isi ke dalam kulit pai, panggang kembali hingga semua matang.

Pumpkin Burger

Burger ini berisi potongan labu dan selada, lengkap dengan saus kacang, adonan biji wijen, kacang, almond, hazelnut, dan kacang mede. Roti yang diberi biji wijen dibentuk menyerupai labu untuk menambah suasana pesta halloween.

Hidangan ini biasanya dibuat oleh warga Jepang. 

Pumpkin Pie Cake

Pie labu adalah salah satu hidangan wajib saat perayaan Halloween di Eropa.

Danhobakbap

Perayaan Hallowen tak hanya di Amerika,  di Korea juga ada. Bahkan ada hidangan khas dari labu kuning di Korea saat perayaan Hallowen, bernama danhobakbap yang terbuat dari ketan hitam, kurma, kismis, labu, dan bermacam-macam bumbu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading