Sukses

Lifestyle

10 Sajian Lezat dan Sehat Untuk Arisan

Acara arisan atau kumpul keluarga selalu identik dengan aneka hidangan. Karena Sang Tuan rumah tentu akan memberi sajian yang terbaik untuk para tamunya. Kini pertimbangan yang harus dimasukkan dalam kepala Anda, bukan hanya keunikan setiap sajian. Pertimbangkan juga kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan!

Untuk menambah variasi daftar menu andalan Anda, berikut ini adalah pilihan desert dan snack untuk berbagai acara kumpul-kumpul termasuk arisan, dari bahan non-beras.

(vem/aik)

Rolade Labu Kuning

Labu kuning kaya akan beta karoten, vitamin A dan sumber antioksidan alami yang sangat baik untuk tubuh. Olah menjadi rolade cantik yang nikmat.

Bahan: labu kuning (kukus dan haluskan), daging giling, telur, garam, merica, tepung maizena, dan tepung panir.

Cara membuat:

  • Campur labu kuning, daging giling dan semua bahan di atas sampai merata.
  • Lalu buat dadar telur tipis untuk kulitnya kemudian oleskan campuran labu kuning dan daging giling tadi di atas dadar.
  • Gulung dan padatkan, lalu kukus sampai matang. Dinginkan dan potong-potong.
  • Sajikan rolade labu kuning bersama saus tomat atau kecap.

Kentang Panggang Lapis Bayam Merah

Duet kentang dan bayam merah akan menjadi hidangan yang lezat dan sehat. Tambahan keju akan menyempurnakan kelezatannya.

Bahan: kentang kukus potong tebal, daun bayam merah seduh dengan air hangat, daging giling, bawang bombay cincang, garam, merica dan keju parut.

Cara membuat:

Tumis daging, bawang bombay  hingga harum, tambahkan merica dan garam secukupnya. Tata di atas  pinggan tahan panas: Kentang, bayam, dan tumisan. Taburi parutan keju di atasnya lalu oven hingga matang. Potong-potong sesuai selera dan hidangkan dengan saus sambal tomat.

Bubur Jagung Mutiara

Karbohidrat pada jagung memiliki indeks glikemik yang cukup rendah sehingga tidak akan membuat gula darah naik dengan cepat. Coba hidangan dalam sajian ini.

Bahan: Jagung (blender kasar), santan, gula pasir, garam, tepung sagu, mutiara (kukus), dan daun pandan.

Cara membuat: Masak santan, jagung, gula pasir, daun pandan dan sedikit garam sambil diaduk hingga matang. Masukkan mutiara dan sedikit larutan tepung sagu sebagai pengental. Sajikan bubur jagung selagi hangat.

Pisang Panggang Leleh Cokelat

Simpel tapi pasti jadi primadona!

Bahan: pisang, cokelat leleh, keju parut, dan margarin.

Cara membuat: potong pisang menjadi dua dan belah tengahnya. Panaskan wajan olesi margarin. Panggang pisang hingga berubah warna kuning kecokelatan, lalu angkat. Siram cokelat leleh di atas pisang dan taburi dengan keju parut. Lezat!

Tahu Manthili

Sebagai sumber protein nabati, tahu memang jagonya, dan hampir setiap orang menyukainya. Agar lebih nikmat, coba buat menjadi sajian ini.

Bahan: tahu hancurkan, telur, daun bawang sledri, wortel parut halus, bumbu (bawang putih, garam, ketumbar).

Cara membuat:  campur semua bahan tadi hingga merata lalu kukus sebentar sampai semua bahan menyatu dan matang. Tahu bisa langsung dipotong-potong dan dihidangkan atau jika suka bisa digoreng lebih dulu. Sajikan dengan saus sambal atau cabe rawit.

Lemet Singkong

Bahan dan cara membuatnya sangat sederhana, tapi bisa menciptakan rasa yang istimewa.

Bahan: Singkong parut, parutan kelapa muda, buah Nangka potong kecil-kecil, gula merah parut halus, dan sedikit garam.

Cara membuat: campur semua bahan tadi menjadi satu sampai rata. Lalu bungkus dengan daun pisang berbentuk lontong kemudian kukus hingga matang. Potong-potong dan sajikan.

Kukis Pisang Sereal

Pisang adalah buah yang kaya kalori, dipadu dengan sereal menjadi kudapan yang kaya serat.

Bahan: pisang, sereal Havermut, susu cair, margarin yang dilelehkan, vanili.

Cara membuat: Haluskan pisang kemudian campur dengan sereal hingga merata. Tambahkan susu, margarine dan vanili. Diamkan sebentar lalu cetak di atas loyang yang sudah dioles margarine berbentuk bulat pipih. Panggang dalam oven hingga matang, lalu sajikan.

Puding Cincau.

Tekstur cincau yang lembut nan kenyal bisa menjadi kombinasi yang pas bersama puding.

Bahan: Agar-Agar bubuk, cincau hijau yang dihancurkan kasar, susu cair, gula pasir.

Cara membuat: rebus susu cair, gula dan agar-agar bubuk hingga mendidih. Masukkan cincau hijau aduk hingga merata lalu dinginkan. Siap disantap!

Puding Tahu Isi Buah

Puding dengan bahan dasar tahu Jepang, yang unik tapi enak rasanya.

Bahan: tahu sutra potong tipis, Agar-Agar putih, susu cair, gula pasir, potongan buah stroberi dan mangga.

Cara membuat: Masak Agar-Agar, susu cair dan gula hingga mendidih. Ambil cetakan lalu atur potongan tahu dan buah di atasnya kemudian tuang adonan Agar-Agar, dinginkan. Siap dihidangkan!

Singkong Lapis Pelangi

Kue ini rasanya manis, kenyal dan legit.

Bahan: singkong parut, Agar-Agar tanpa warna, santan, gula pasir, pewarna makanan hijau dan merah.

Cara membuat: campur singkong, agar-agar, gula pasir, santan kental dan garam. Bagi adonan menjadi 3, 1 bagian biarkan warna putih, 1 bagian beri pewarna hijau, dan 1 bagian lagi beri beri warna merah. Tuang  adonan warna putih lalu kukus hingga mengeras, tambahkan adonan warna hijau kukus lagi, lalu tambahkan lagi adonan merah dan kukus kembali hingga semua matang. Setelah dingin, potong-potong sesuai selera, taburkan kelapa muda parut yang telah dikukus. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading