Sukses

Lifestyle

Liputan Kuliner: Bakmi Jawa Bu Fat Khas Muntilan

Kuliner Nusantara sungguh kaya dengan jajanan non-beras yang memancing air liur. Buat kamu yang suka berwisata kuliner, bakmi Jawa Bu Fat di Muntilan ini patut dicoba. Atau mau coba resepnya?

Muntilan ternyata kaya dengan khasanah kuliner Jawa Tengah seperti halnya kota-kota terdekat, yaitu Magelang, Yogya, atau Semarang. Sang pendiri, Bu Fat, membuka warungnya mulai jam 6 sore sampai jam 12 malam, dan ramai pengunjung bahkan ketika libur panjang Lebaran.

Alasan Bu Fat menjual Bakmi Jawa ini karena makanan ini merupakan makanan khas Jawa yang mempunyai rasa khas yang berasal dari bahan-bahan terpilih. Seperti, kaldu dari ayam kampung yang gurih dan manis. Demikian juga cara memasaknya khusus, menggunakan anglo , sehingga matangnya merata dan memiliki aroma wangi yang khas. Satu porsi Bakmi Jawa atau Mie Nyemek ini bisa mengenyangkan perutmu dan baik disantap di waktu malam sebagai penghangat badan maupun sebagai pengganjal perut di sore hari.

Berikut ini bahan untuk membuat Bakmi Jawa Nyemek:

Minyak Goreng

Bawang Putih halus

Tomat

Daun Bawang

Kol iris

Garam

Telur Ayam Kampung

Daging Ayam Kampung Suwir

Kuah Kaldu Ayam Kampung

Mie Basah.

Cara membuatnya :

Panaskan minyak, kemudian masukan bawang putih, daun bawang, kol, tomat, dan suwiran ayam kampung,  tumis hingga harum sebentar saja. Lalu masukan air kaldu ayam, didihkan. Jika sudah mendidih, masukan mie basah, dan telur. Aduk dan masak hingga mendidih kembali dan telur matang dan bumbu meresap selama 2 menit. Setelah 2 menit, angkat dan sisihkan pada piring saji.

Kemudian untuk menambah kelezatannya bias ditambah dengan bawang goreng. Bakmi Jawa atau mie nyemek ini lebih sempurna jika disantap bersama sate rebus. Tentu saja tak lengkap rasanya jika tak mencoba sendiri hidangan ini di tempatnya.

Jika kamu sedang berlibur, cobalah keliling ke kota-kota sekitarnya dan mampir di warung Bakmi Jawa Bu Fat di Jl. Pemuda Barat, Muntilan, Jawa Tengah.

(vem/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading