Sukses

Lifestyle

Macaroon Menjadi Hidangan Istimewa dan Berbeda di Hari Kemenangan

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Ingin membuat sesuatu yang berbeda sebagai suguhan lebaran? Jika mata Anda sudah sangat terbiasa dengan pemandangan akan kue-kue lebaran yang ramah dijumpai di setiap rumah yang Anda kunjungi, tidak ada salahnya jika Anda membuat sesuatu yang berbeda dari kue-kue yang sudah menjadi tradisi lebaran tersebut di rumah Anda. Salah satunya adalah Macaroon.

Tentu Anda semua sudah pernah mendengar tentang macaroon kan Ladies, bahkan mungkin Anda menjadikan kue imut berwarna cerah ini sebagai salah satu kue faforit Anda. Meski Macaroon baru naik daun beberapa tahun belakangan di Indonesia, sebenarnya kuliner ini sudah lama populer di belahan bumi Eropa, khususnya Perancis. Hidangan yang menjadi favorit ratu terakhir Perancis, Marie Antoinette ini memiliki cita rasa yang didominasi oleh rasa gurih Almond yang berpadu serasi dengan aneka pilihan rasa, seperti vanilla, kopi, buah-buahan, cokelat, kelapa bahkan green tea. Tekstur kue ini renyah di luar tetapi lembut di dalam dengan sedikit sensasi chewy. Sehingga langsung lumer di mulut saat dimakan.

Banyak yang bilang bahwa membuat Macaroon bukan hal yang mudah. Sebenarnya tidak begitu Ladies, cara membuat Macaroon sebenarnya sangat sederhana dengan bahan dasar yang juga mudah dijumpai di toko peralatan kue. Hanya saja memang ada beberapa langkah-langkah yang harus diperhatikan pada saat pembuatan kue berbentuk sandwich ini agar mendapatkan hasil yang sempurna. Membuat Macaroon membutuhkan ekstra ketelitian dalam membaca dan mengikuti resep dan ketepatan dalam mengukur bahan, membuat adonan dan menentukan suhu oven yang tepat saat memanggang. Anda bisa mengikuti beberapa cara pembuatan Macaroon di bawah ini.

Bahan :

-    90 g tepung kacang Almond

-    3 butir putih telur ayam (suhu ruangan)

-    255g gula halus

-    ¼ sdt cream of tartar

-    Garam secukupnya, ½ sdt garam

-    3 sdm gula (jika suka)

Bahan Isi (ganache) :

-    15g Cream kental

-    150g cokelat masak, yang dicincang halus

Cara Membuat :

 

  1. Lapisi Loyang yang sudah diberi mentega tipis dengan kertas roti.
  2. Ayak gula bubuk dan tepung Almond dalam satu wadah, pastikan tidak ada yang menggumpal. Sebaiknya ayak gula dan tepung Almond beberapa kali untuk memastikan bahan tersebut benar-benar tidak menggumpal, kemudian diamkan.
  3. Dalam mangkok besar lainnya. Masukkan putih telur, sedikit garam dan cream of tartar kemudian kocok dengan mixer sampai adonan menjadi kaku, Anda dapat menambahkan 3 sendok makan gula untuk para pencinta rasa manis. Atau tidak perlu jika Anda tidak menginginkannya.
  4. Tuang campuran tepung Almond dan gula yang sudah diayak tadi ke dalam wadah berisi adonan putih telur secara perlahan dan aduk sampai semua bahan tercampur jadi satu.
  5. Anda dapat menambahkan pewarna makanan sesuai dengan selera Anda pada adonan tersebut.
  6. Masukan adonan tersebut ke dalam kantong semprot berbentuk segitiga, rapikan dan gunting ujungnya.
  7. Semprotkan adonan tadi pada loyang yang sudah dilapisi dengan mentega dan kertas roti berbentuk bulat dengan diameter sekitar 3 cm.
  8. Diamkan adonan selamat 30 menit sebelum kemudian dipanggang dengan suhu 160 derajat Celcius selama kurang lebih 20-25 menit.
  9. Angkat dan pindahkan pada piring saji.
  10. Untuk Ganache : panaskan cream dengan api kecil hingga hampir mendidih lalu matikan api dan angkat. Masukan cokelat, aduk sampai cokelat mencari dan menyatu dengan krim sehingga membentuk cokelat leleh.
  11. Oleskan permukaan macaroon di bagian dalam lalu tutup dengan macaroon lainnya. Sajikan di piring saji, Anda dapat menaburi bagian atas macaroon dengan gula bubuk jika suka.

Bagaimana Ladies, mudahkan cara membuatnya? Yang harus Anda perhatikan adalah beberapa langkah kecil untuk mencapai hasil yang sempurna. Hasilnya, Anda bisa mempersembahkan hidangan ramadhan yang berbeda dan sangat cocok dijadikan sebagai bingkisan hantaran untuk orang terkasih. Selamat mencoba ya Ladies.

(vem/cjm/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading