Nasi Goreng Mawut

Kamis, 26 Juli 2012 11:00



(c) videoresep/youtube.com

Vemale.com - Campuran nasi dan mie goreng dalam Nasi Goreng Mawut siap memanjakan lidah. Rasa Nasi Goreng Mawut enak ini tidak kalah dengan buatan restoran. Ayo buat sendiri, video dalam artikel ini akan memudahkan Anda memasak Nasi Goreng Mawut enak.

Bahan Utama:

2 porsi nasi putih

50 gram daun kol iris

100 gram mie basah

1 batang daun bawang iris

3 sendok makan kecap manis

2 batang seledri iris

5 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:

3 buah cabe merah

5 butir bawang merah

3 siung bawang putih

1 sendok teh terasi matang

1 sendok teh garam

Bahan Pelengkap:

Bawang goreng, telur mata sapi, acar mentimun, tomat iris dan mentimun iris.

Cara Menghaluskan Bumbu:

Siapkan bahan yang akan dihaluskan. Pertama masukan garam; terasi bakar dan cabe merah;  ulek hingga cabe tercampur rata dengan terasi juga garam. Setelah cabe halus, terakhir masukkan bawang merah dan bawang putih, tumbuk bawang untuk mempermudah proses menghaluskan, kemudian ulek kembali hingga semua bumbu halus dan tercampur rata, lalu sisihkan pada wadah kecil.

Cara Membuat:

Siapkan bahan-bahan, lalu panaskan wajan dan masukan 5 sendok makan minyak untuk menumis, kemudian bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis selama 1 menit dengan api sedang hingga bumbu harum sambil diaduk agar matang merata. Setelah harum, masukan kol iris; daun bawang dan daun seledri; aduk hingga semua bahan tercampur rata dengan bumbu selama 30 detik. Setelah tercampur rata, masukan mie basah dan nasi putih; aduk hingga nasi tercampur rata dengan mie dengan api kecil.

Apabila nasi sudah tercampur rata dengan mie, terakhir masukan kecap manis, aduk rata kembali sambil ditekan agar nasi tidak menggumpal. Masak dengan api besar agar kecap cepat meresap dengan nasi dan mie. Setelah kecap meresap; matikan kompor.

Saran Penyajian:

Tuang nasi goreng mawut pada piring saji, lalu hias dengan tomat iris yang dibentuk kipas dan diletakkan pada pinggir piring, begitu juga dengan mentimun. Kemudian taruh telur mata sapi di atas nasi dan taburi dengan bawang goreng. Terakhir tambahkan acar. Nasi goreng mawut baik disajikan selagi panas.

Video ini akan membantu Anda memasak Nasi Goreng Mawut lezat.

Video Bahan Nasi Goreng Mawut:

Untuk melihat video cara membuat Nasi Goreng Mawut dan saran penyajian, silakan masuk ke Nasi Goreng Mawut II.

Sumber: videoresep/youtube.com

(vem/yel)







ARTIKEL TERKAIT - RESEP MAKANAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

28 Juli - 3 Agustus
Jangan menutup diri dari masukan rekan kerja Tampung semua pendapat yang...