Sukses

Lifestyle

Cumi Goreng Tepung II

Sajian Cumi Goreng Tepung renyah cocok untuk berbuka puasa. Rasanya yang renyah ditambah cocolan saus sambal akan membuat selera makan bertambah. Agar lebih mudah membuatnya, video ini akan membantu proses memasak Anda. Mari dicoba.

Bahan utama:

500 gram cumi yang sudah dicuci bersih

Bahan celupan:

200 gram tepung terigu

25 gram tepung sagu

200 ml air

1 butir telur

1/2 sendok teh garam

1/2 sendok teh merica bubuk

1 sendok teh baking powder

500 ml minyak untuk menggoreng

Pelengkap:

Saus sambal dan Mayonaise

Bahan Hiasan :

Mentimun iris dan Tomat iris.

Cara Membuat Bahan Celupan:

Siapkan adonan celupan, wadah kosong dan sendok untuk mengaduk.

Masukkan tepung terigu, tepung sagu, air. Aduk hingga semua bahan tercampur rata sampai mengental. Bila sudah terlihat mengental lalu tambahkan telur, aduk rata kembali. Kemudian masukkan garam, merica bubuk dan baking powder. Aduk rata agar baking powder bisa mengembang dengan baik. Setelah tercampur rata sisihkan.

Cara Memotong Cumi:

Pertama siapkan talenan dan pisau, potong cumi dari ekor sampai ke depan hingga melingkar membentuk cincin setebal 1.5 cm. Lakukan hingga cumi habis dan sisihkan.

Cara Menggoreng Cumi:

Setelah membuat adonan tepung, siapkan wajan, nyalakan api, masukkan 500 ml minyak goreng. Panaskan minyak hingga benar-benar panas agar baking powder bisa mengembang pada saat digoreng. Apabila sudah muncul gelembung-gelembung kecil pada pinggir wajan menandakan bahwa minyak sudah panas.

Kemudian masukkan cumi ke dalam adonan tepung dengan menggunakan capitan. Celupkan dan balurkan cumi satu persatu ke dalam adonan celupan.

Lalu goreng cumi hingga berwarna kuning kecoklatan sambil diaduk dan dibolak balik agar cumi matang merata. Bila sudah berwarna kecoklatan angkat cumi dengan menggunakan saringan minyak lalu tiriskan. Goreng kembali sisa cumi hingga habis dan siapkan piring saji.

Saran Penyajian:

Tata cumi goreng tepung di atas piring saji, berikan timun dan tomat iris, kemudian hias dengan mayonaise dan saus sambal. Cumi goreng tepung siap disajikan sebagai pendamping lauk.

Video ini akan membantu Anda memasak Cumi Goreng Tepung yang lezat.

Video bahan Cumi Goreng Tepung, cara membuat bahan celupan dan cara memotong cumi dapat Anda lihat di Cumi Goreng Tepung I.

Video Cara Menggoreng Cumi:

Video Saran Penyajian:

Sumber: videoresep/youtube.com

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading