Sukses

Lifestyle

Empal Gentong Hj.Dian, Sedap Nikmat Kuliner Khas Cirebon

Cirebon memiliki tempat wisata dan kuliner yang mengasyikkan. Bila selesai berbelanja atau jalan-jalan keliling kota Udang, ada baiknya kamu mampir dan mencicipi makanan khas CirebonĀ  yang lezat. Seperti rumah makan milik Hj. Dian, di sini kamu bisa memilih menu Empal Gentong khas Cirebon.

Kuah santan yang isinya daging sapi dan jeroan ditambah nasi, pasti akan membuat santap siang kamu terasa spesial. Selain itu, ada juga Empal Asem dengan kuahnya yang bening, berbeda dengan empal gentong, empal asem terasa lebih segar disajikan dengan daging sapi yang lembut.

"Empal Gentong ini merupakan usaha keluarga, yang mengelola kakak beradik. Berdiri sejak tahun 2013, tanggal 14 Agustus. Rasa gurihnya empal dimasak selama dua jam agar hasilnya maksimal," ujar Bastoni sebagai pengelola, saat ditemui Vemale pada acara Jalan-Jalan Masa Kini bersama NET TV di Cirebon Sabtu 27 Februari 2016.

Empal Gentong 20rb/ copyright by Vemale.com
Lebih lanjut dirinya menjelaskan asal usul Empal Gentong, awalnya masakan tersebut dimasak dalam gentong atau panci tanah liat, dengan menggunakan api dari kayu jati. Katanya, aroma bumbu yang keluar menyatu dengan tanah liat dalam waktu lama sehingga membuat kuahnya semakin sedap dan gurih.

"Rempah-rempah bumbunya kami memakai duapuluh macam bumbu, yang dimasak memakai gentong, kalau pakai panci biasa rasanya jadi berbeda. Tapi kalau kami di sini sudah tidak pakai kayu, pakainya gas. Kalau kayu masaknya lama dan banyak asap," jelasnya.

Empal Asem 20rb/ copyright by Vemale.com
Agar menambah sedap Empal Gentong ini, kamu perlu menaburi cabai kering bubuk yang tersedia di meja sesuai selera, bisa juga memakai kecap manis.

Menurutnya, yang membedakan Empal Gentong Hj. Dian dengan yang lainnya adalah adanya sertifikat halal. Rumah makan Hj.Dian satu-satunya yang punya sertifikat halal. "Selain itu, kami memiliki keunggulan fasilitas dengan parkiran yang lebih luas," tambah Bastoni.

Rumah makan yang memiliki kapasitas duduk 200 orang ini ramai dikunjungi saat akhir pekan. Apalagi semenjak ada tol Cipali, penjualan meningkat 50%. Harga satu porsi Empal Gentong atau pun Empal Asem dengan nasi Rp 25.000,00. Di sini juga menyajikan menu lainnya seperti sate, dan juga berbagai varian minuman yang menyegarkan dahaga.

Yuk Ladies langsung saja kunjungi Empal Gentong Hj. Dian di Jalan Ir. H. Juanda (Tengah Tani) Nomor 84, Cirebon. Selamat mencoba.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading