Sukses

Lifestyle

Festival Nasi Indonesia, Sajikan Menu Masakan Khas Daerah Berbasis Nasi

Indonesia mempunyai bahan makanan pokok, dan salah satunya yang utama adalah nasi. Dari Sabang sampai Merauke banyak sekali sajian masakan nasi di negeri ini. Pada acara Festival Nasi Indonesia yang diselenggarakan oleh Philips, diungkapkan berbagai wawasan dan tips memasak nasi yang enak. Dalam acara ini juga menghadirkan ahli kuliner, Bondan Winarno, yang sudah tidak diragukan lagi pengetahuan kulinernya.

Selain itu, dalam acara tersebut Pak Bondan juga mempraktekkan bagaimana menyiapkan tiga masakan nasi dari beberapa provinsi, antara lain yaitu Nasi Tutug Oncom, Nasi Ulam Betawi, dan Nasi Bakar Manado.

"Nasi ada banyak sekali ya, kalau kita ada 34 propinsi pasti ada 34 jenis nasi, belum lagi di setiap kabupaten punya. Contohnya Jawa Timur, di Gresik ada nasi Krawu, kalau di Madura nasi jagung, di Jawa juga banyak, kalau mau dihitung saya belum hitung dan bikin bukunya," kata Bondan saat diwawancarai setelah acara Festival Nasi Kuliner di Senayan City Jakarta Pusat Rabu 30 September 2015.

Pak Bondan/ copyright by Vemale.com

Menurutnya, nasi yang pulen dan enak menjadi ciri khas masakan yang lezat, dan salah satu kuncinya adalah butiran nasi harus dimasak secara sempurna. "Yang saya sedih kan, kebiasaan memakan nasi di beberapa daerah mulai ditinggalkan. Seperti nasi jagung dari Madura, generasinya sudah tidak makan. Tapi bila di Maluku, makan kuah ikan dengan sagu masih kuat," jelasnya.

Untuk melestarikan kembali nasi khas dari daerah, Bondan pun membuat beberapa nasi beserta resepnya. Berikut ini berita foto jenis nasi yang khas di Indonesia pada pagelaran Festival Nasi Indonesia bersama Philips.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading