Sukses

Lifestyle

Nostalgia Kuliner Bersama FoodPanda, Yuk Kenalan Lagi Dengan Kue-Kue Zaman Dulu

Semua orang pasti suka bernostalgia atau mengingat kembali hal – hal menyenangkan apa saja yang sudah dilalui dan terkadang kita suka merasa ingin balik lagi ke zaman di mana kita melakukan hal-hal menyenangkan tersebut. Biasanya orang-orang akan bernostalgia mengenai tempat apa saja yang sudah mereka kunjungi, hal-hal lucu apa yang pernah terjadi dan makanan apa saja yang sudah mereka makan.

Kali ini foodpanda globalonline food ordering marketplace mengajak para pecinta makanan untuk bernostalgia dengan makanan-makanan apa saja yang ada di tahun 90-an dan masih menjadi favorit, bahkan dicari-cari dan diminati sampai sekarang. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Kue Cubit

Kue cubit/ copyright by FoodPanda
Kue Cubit adalah kue yang terbuat dari tepung terigu sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan susu. Kue ini cukup populer di masyarakat. Asal mula nama “Kue Cubit” ini adalah berawal dari adonan kue yang sudah jadi. Lalu, dipanaskan pada wadah cetakan yang ditaruh di atas kompor. Setelah adonan kue tadi matang, diangkat untuk ditaruh di piring dengan menggunakan alat penjepit, sehingga dinamakan kue cubit. Kue ini juga memiliki ciri khas yaitu dengan topping meses dan biasanya masyarakat menyukai kue cubit ini dimasak setengah matang. Saat ini, kue cubit sudah banyak divariasikan dengan berbagai macam topping, seperti keju, kitkat, nutella dan juga berbagai rasa seperti green tea, dan bubble gum.

2. Es Kue

Es Kue/ copyright by FoodPanda
Es kue atau es gabus adalah salah satu jajanan jaman dulu yang cukup menjadi favorit. Es yang terbuat dari tepung hunkwe sebagai bahan utamanya dicampur dengan santan, susu, gula pasir dan pewarna makanan. Es yang satu ini mempunyai tekstur yang lebih empuk dan juga mudah digigit karena terbuat dari tepung hunkwe tersebut. Es kue atau es gabus awalnya hanya memiliki satu warna, namun seiring perkembangan ide muncul lah es gabus pelangi atau es gabus warna-warni.

3. Kue Leker

Kue leker/ copyright by FoodPanda
Kue leker merupakan jenis kue jajanan pasar khas Indonesia yang berasal dari kota Solo. Nama kue leker ini berasal dari bahasa Belanda “lekker” yang berarti enak. Kue leker ini sering dibilang crepes, karena mempunyai kesamaan bentuk seperti crepes. Kue leker ini terbuat dari tepung terigu, telur, susu, gula dan vanili. Cara membuatnya cukup menuangkan satu sendok adonan ke dalam wajan kecil, ratakan hingga membentuk lingkaran tipis.

Lalu taburi isi yang diinginkan, biasanya diisi dengan cokelat, keju, pisang dan susu. Tutup dengan penutup wajan, diamkan sebentar. Setelah cukup kering adonan dilipat menjadi setengah lingkaran, kemudian diangkat. Kue ini masih banyak penggemarnya meskipun sudah jarang ditemui.

4. Kue Rangi

Kue rangi/ Copyright by FoodPanda
Kue Rangi atau sering disebut sagurangi adalah salah satu kue tradisional Betawi yang masih mudah dijumpai hingga saat ini. Kue dari campuran kelapa parut dan tepung sagu ini disajikan dengan saus gula merah yang dikentalkan dengan sedikit sagu. Untuk saus gula merah, biasanya juga ditambahkan potongan nangka, nanas atau durian dan buah-buahan lain sesuai selera. Kue ini rasanya gurih dan beraroma wangi karena dimasak dengan cara dipanggang menggunakan bahan bakar kayu.

5. BaksoTusuk/ Cilok

Bakso tusuk/ Copyright by FoodPanda
Bakso tusuk atau cilok ini berbeda dengan bakso biasa, karena bakso ini terbuat dari campuran sagu, ikan dan bahan lainnya seperti daun seledri, air, dan daun bawang sehingga bakso ini teksturnya lebih kenyal daripada bakso biasa. Biasanya bakso ini dinikmati dengan cara disiram dengan saus (ada yang disiram dengan saus kacang dan ada yang menggunakan saus cabai). Jajanan ini sangat banyak diminati dari mulai anak-anak sampai dewasa karena selain harganya murah, rasanya juga nikmat.



(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading